Jokowi Kemah di IKN Hari Ini untuk Ritual Gelar Kendi Nusantara: Begini Kondisi Tendanya

- Senin, 14 Maret 2022 | 11:30 WIB
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Setpres)
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, per hari ini, Senin (14/3/2022) hingga Selasa, (15/3/2022).

Titik nol nantinya direncanakan akan menjadi lokasi Istana Negara di IKN Nusantara.

Jokowi telah tiba di Bandara Internasional Sultan Adji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (13/3/2022)sore pukul 16.00 wita. Dia didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

-
Presiden Jokowi bersama lima gubernur di Pulau Kalimantan akan bermalam di lokasi titik nol IKN Nusantara. (Setpres-Agus Suparto)

Melansir laporan Antara, para Gubernur se-Indonesia pun telah mulai berdatangan sejak Minggu (13/3/2022) kemarin di Balikpapan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal, mengatakan gubernur yang datang wajib membawa air 1 liter dengan kemasan khas daerah dan tanah 2 kilogram dari lokasi yang bersejarah adat budaya di wilayahnya masing-masing.

Namun, para Gubernur kecuali Gubernur Kaltim tidak ikut kegiatan kemah Presiden RI di IKN.

Baca juga: Ini Daftar 4 Mobil Baru yang Terima PPnBM DTP di JAW 2022: Harga di Bawah Rp300 Juta

Ritual Kendi Nusantara

“Air dan tanah yang dibawa Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia ini akan digabungkan di satu titik di IKN Nusantara atau disebutnya seremoni Gentong (kendi) Nusantara,” kata Faisal yang juga ikut menyambut kedatangan beberapa Gubernur di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Presiden Joko Widodo membawa Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) yaitu Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

-
Tenda Jokowi kemah di IKN Nusantara. (ANTARA NEWS)

Steril Malaria

Presiden Jokowi direncanakan akab bertemu para tokoh adat serta menyaksikan penampilan karya seni budaya dari beragam suku di Provinsi Kalimantan Timur.

Kawasan kemah Presiden Jokowi steril dari malaria, meski daerah itu merupakan endemik malaria.

"Sejak H-5 tim kesehatan sudah berada di lokasi dan langsung aksi di kawasan kemah Presiden Jokowi dan rombongan," ujar Koordinator Lapangan (Korlap) Tim Kesehatan Kemah Presiden Jokowi di IKN Nusantara dr Jansje Grace Makisurat.

Dokter Grace yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU ini melanjutkan, pada H-5 atau lima hari sebelum kedatangan Presiden di IKN Nusantara, pihaknya melepas briket larvasida di kolam-kolam atau lokasi genangan air yang ada di seputar lokasi kegiatan Presiden di IKN.

Bersamaan dengan itu pula atau pada H-5, H- 3, dan H-2 dilakukan fogging focus pada radius 50 meter hingga 1 kilometer dari lokasi kegiatan presiden dan rombongan.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X