Ketua DPRD DKI Minta Anies Berhenti Berbohong: Jadwal Pilgub DKI Sesuai UU!

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 11:31 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. (INDOZONE)
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. (INDOZONE)

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhenti berbohong dengan seakan Pemerintah Pusat sengaja memundurkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) sampai 2024.

Pasalnya, politisi yang akrab disapa Pras ini menjelaskan, pelaksanaan Pilgub DKI telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 yang disahkan setahun sebelum Anies menjadi gubernur.

"Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 itulah yang menjadikan Anies sebagai Gubernur DKI pada Pilgub 2017 lalu. Dalam Undang-Undang itu disebutkan secara tegas bahwa pelaksanaan Pilgub DKI dilaksanakan pada 2024," ucap Pras, Sabtu (9/10/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini pun kembali ke Pasal 201 ayat 8 UU Nomor 10 tahun 2016 menyebut, 'Pemungutan suara serentak nasional dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada bulan November 2024'.

"Undang-Undang ini dibuat sebelum Anies terpilih menjadi Gubernur DKI. Jangan membuat seakan-akan Pemerintah Pusat mengundurkan Pilgub DKI untuk mengganjal ambisi politik Anies," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Anies Baswedan dalam acara Workshop Nasional DPP PAN yang disiarkan di akun Youtube PAN TV, menyebut ingin kembali bertarung di Pilkada DKI Jakarta jika tidak diundur ke tahun 2024.

BACA JUGA: Wagub DKI Tegaskan Tak Ada Unsur Politik Terkait Penolakan Formula E Digelar Di Monas

Anies mengakui sudah mempersiapkan agar pada tahun terakhir masa jabatannya dimanfaatkan untuk kampanye apabila Pilkada DKI masih diselenggarakan pada Tahun 2023.

“Ternyata enggak ada Pilkada tahun depan. Jadi ya sudah, kita kerja terus saja, gitu kan. Enggak ada kampanye tahun depan. Kalau ada pilkada tahun depan kita kampanye, tetapi karena enggak ada pilkada ya sudah kita terusin saja kerja sampai akhir,” ungkap Anies.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X