Menko Airlangga Minta Anak Muda Ubah Pola Pikir, Jangan Hanya Fokus Jadi ASN

- Senin, 4 Oktober 2021 | 19:11 WIB
Tes Calon ASN di Jawa Barat (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
Tes Calon ASN di Jawa Barat (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Menko bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta anak muda mengubah pola pikir dalam menjalani hidup agar tidak hanya fokus menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Mindset anak muda jangan hanya menjadi ASN, tetapi bagaimana mengembangkan diri menjadi seorang wiraswasta," kata Airlangga Hartarto, Senin (4/10/2021).

Airlangga mengatakan pemerintah akan mendukung anak muda menjadi pengusaha lewat sejumlah program yang telah disiapkan bagi pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Program bantuan tersebut antara lain Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi para pelaku UMKM, serta program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif sebesar Rp1,2 juta.

Selain itu, pemerintah juga telah meluncurkan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan atau warung dalam bentuk tunai senilai Rp1,2 juta yang didistribusikan melalui TNI dan Polri.

Selama ini, pemerintah telah menggelontorkan Kredit Usaha Rakyat buat pelaku usaha yang terpapar pandemi Covid-19 mencapai  Rp285 triliun pada 2021. Skemanya adalah maksimal pinjaman Rp100 juta, bunga sebesar 3 persen per tahun dan tanpa agunan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X