Sosok Mochtar Kusumaatmadja, Mantan Menlu Era Soeharto yang Tutup Usia Hari Ini

- Minggu, 6 Juni 2021 | 14:36 WIB
Mochtar Kusumaatmadja. (Wikipedia)
Mochtar Kusumaatmadja. (Wikipedia)

Mantan Menteri Luar Negeri Indonesia era Soeharto, Mochtar Kusumaatmadja dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (6/6/2021) di rumahnya di Jalan Belitung, Jakarta Selatan.

Mochtar meninggal di usia 92 tahun. Kabar duka ini juga disampaikan oleh Kantor Staf Presiden (KSP) melalui akun resminya.

"Turut berdukacita atas wafatnya Mochtar Kusumaatmadja. Beliau adalah Guru Besar & Dekan Fakultas Hukum UNPAD, Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II Kabinet Pembangunan II (1973-1978) & Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III & IV Kabinet Pembangunan III & IV (1978-1988)," tulis KSP melalui akun Twitter-nya, Minggu (6/6/2021).

Mochtar sendiri merupakan guru besar Fakultas Hukum Unpad sejak 1970. Dia juga pernah menjabat sebagai rektor Unpad pada tahun 1973-1974.

Semasa hidup, Mochtar dikenal sebagai sosok yang kritis. Dia juga dikenal sebagai Menteri Luar Negeri yang namanya telah melegenda. Ia cukup juga berjasa pada Indonesia.

Mochtar andil dalam berbagai perjanjian dan kesepakatan penting antara Indonesia dengan  negara lainnya sejak tahun 1950-an. Dia juga aktirf mewakili Indonesia di sidang PBB mengenai Hukum Laut (UNCLOS) di Jenewa dan New York.

Karena itulah Susi Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut Mochtar sebagai sosok yang berjasa dalam memperjuangkan kedaulatan laut Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, Mochtar Kusumaatmadja juga pernah menjadi Menteri Kehakiman pada Kabinet Pembangunan II.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X