The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Eropa Kecewa dengan Iran Selama Pembicaraan Nuklir di Wina
Pembicaraan nuklir Iran di Wina. (Reuters/DELEGASI UE DI WINA)
News

Eropa Kecewa dengan Iran Selama Pembicaraan Nuklir di Wina

Iran tak serius.

Senin, 06 Desember 2021 16:18 WIB 06 Desember 2021, 16:18 WIB

INDOZONE.ID - Pembicaraan kesepakatan nuklir Iran putaran ketujuh yang dimulai pada 29 November di Wina, Austria, membuat Eropa kecewa dengan Iran.

Pembicaraan ketujuh ini juga telah ditunda sampai Minggu depan, karena negara-negara yang ikut bernegosiasi untuk menghidupkan kesepakatan nuklir pulang ke negara masing-masing untuk mencari solusi dari situasi tersebut.

Dilansir Commonspace.eu, negara-negara Eropa mengklaim Iran mundur dari persetujuan yang telah dibuatnya dan menambahkan tuntutan baru. Mereka juga mengatakan kemungkinan pembicaraan ini akan gagal minggu depan.

Baca juga: Iran Minta AS Ambil Langkah Pertama Hidupkan Kesepakatan Nuklir

Selama enam putaran sebelumnya, para perunding telah mengajukan proposal komprehensif untuk pencabutan sanksi ekonomi dan mencari cara untuk membatasi program nuklir Iran. Hanya saja, selama putaran ketujuh ini, Teheran menuntut perubahan besar-besaran pada proposal tersebut, yang  menurut Eropa tidak masuk akal.

China dan Rusia yang umumnya lebih memahami sikap Iran, kali ini justru berpihak kepada Eropa.

Sebelum pembicaraan tersebut ditunda, Iran menyerahkan dua dokumen yang merinci tentang cara mencabut sanksi dan mengurangi kemajuan nuklir negara itu.

Namun AS, hanya ingin mencabut sanksi yang tidak konsisten dengan JCPOA, dengan tetap memberlakukan sanksi lain yang berkaitan dengan pelanggaran hak asasi manusia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Fitri
JOIN US
JOIN US