NasDem Ingin Koalisi dengan Parpol yang Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi

- Senin, 13 Desember 2021 | 11:10 WIB
Partai Nasdem. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
Partai Nasdem. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

Sekertaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan mereka berkeinginan membangun koalisi bersama parpol yang sejalan dengan arah pembangunan yang dibuat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini menurutnya menjadi sebuah persyaratan utama.

"NasDem tentu mempunyai persyaratan utama, yaitu kontinuitas pembangunan nasional," kata Johnny dalam keterangannya dikutip Senin (13/12/2021).

Ditekankan Johnny, Partai NasDem ingin memastikan kontinuitas pembangunan nasional dapat tercapai dengan baik karena perjuangan ini demi kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Bahaya! Wabah COVID-19 Serang Pemain dan Staf MU

Sehingga, kata dia, bukan sekadar sirkulasi dan pergantian kepemimpinan semata melainkan kontinuitas pembangunan yang menuju pada pembangunan yang jauh lebih bagus.

"Kita akan menentukan kriteria pemimpin yang mampu meneruskan kontinuitas pembangunan yang landasannya sudah diletakkan dengan baik oleh pemerintahan Pak Joko Widodo dan Kyai Ma'ruf Amin, serta Pak Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam dua periode pemerintahan," bebernya

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) itu membeberkan jika Partai NasDem telah menyampaikan gagasan konvensi sebagai salah satu model rekrutmen pemimpin nasional. Tetapi, ujar Johnny, konvensi hanya dilakukan jika terpenuhinya prasyarat dasar yaitu presidensial threshold atau ambang batas pencalonan pasangan presiden dan wakil presiden.

Namun demikian Johnny memaparkan proses untuk mencari figur pemimpin masa depan masih cair dan dinamis. NasDem pun terus membangun komunikasi politik baik dengan parpol maupun organisasi masyarakat.

"Terkait dengan figur calon, itu proses politik yang dinamis, karena itu sekali lagi akan dilihat dalam tahapan-tahapan konfigurasi politik," terangnya Johnny.

Johnny juga menegaskan komitmen manifesto politik Partai NasDem untuk menjaga nilai-nilai demokrasi yang ada saat ini.  Partai NasDem sebagai garda dan pengawal sirkulasi demokrasi Indonesia melalui keikutsertaannya dalam kontestasi pemilihan umum legislatif 2024, pemilihan presiden 2024, dan pemilihan kepala daerah 2024.

Sejauh ini, jelas Johnny, NasDem telah mengambil bagian dalam dua kali pemilihan legislatif dan pemilihan presiden serta serangkaian pemilihan kepala daerah yang hasilnya sukses menggembirakan.

"Untuk itu, rapat koordinasi wilayah yang tengah dilakukan NasDem di berbagai daerah akan melakukan evaluasi detail untuk menentukan arah dan strategi operasional politik," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X