Jakarta Makin Macet, Dishub DKI Buka Opsi Ganjil Genap Ditambah Jadi 25 Ruas Jalan

- Selasa, 9 November 2021 | 11:15 WIB
Petugas Dinas Perhubungan mengatur arus lalu lintas saat pemberlakuan ganjil genap. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)
Petugas Dinas Perhubungan mengatur arus lalu lintas saat pemberlakuan ganjil genap. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan pihaknya membuka peluang untuk memperluas area pemberlakuan aturan ganjil-genap atau gage untuk kendaraan roda empat.

Syafrin mengatakan, penambahan tersebut rencananya akan dilakukan pada 12 ruas jalan. Sehingga, jika ditotal dengan 13 ruas jalan yang saat ini menerapkan gage, maka jumlahnya menjadi 25 ruas jalan.

"Memang ada opsi itu. Sekali lagi tentu kami bersama Polda dan Kodam akan melakukan pembahasan intens untuk melihat tren volume lalin pada 12 ruas jalan lainnya," ucap Syafrin, Selasa (9/11/2021).

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menjelaskan, alasan pihaknya membuka opsi penambahan ruas jalan yang menerapkan gage, lantaran saat ini volume kendaraan lalu lintas sangat tinggi dan menyebabkan kemacetan.

Baca juga: 2 Pekan Penindakan Ganjil Genap di Jakarta, 3.900 Pelanggar Ditilang

"Jadi selama pelaksanaannya tentu pada ruas-ruas jalan sebelumnya diterapkan ganjil genap pada 12 ruas jalan lainnya itu terpantau terjadi kepadatan," terangnya.

Kendati demikian, Syafrin mengatakan kalau penambahan ruas jalan gage tersebut masih terus dibahas dan masih dalam tahap koordinasi. Juga masih harus memantau perkembangan tren kasus Covid-19 di ibu kota.

Selain itu juga mempertimbangkan kapasitas angkutan atau transportasi umum yang tersedia. Pasalnya, jika ruas jalan penerapan gage ditambah, maka warga yang bermobilitas akan berpindah ke transportasi umum.

"Pada saat diberlakukan gage, apakah kapasitas angkutan umum yang berada di 12 ruas untuk menampung jumlah penumpang yang akan berpindah ke angkutan umum," tandas Syafrin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X