Ikan Cupang Dinilai Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

- Selasa, 20 Agustus 2019 | 22:04 WIB
(photo/Unsplash/timothycdykes)
(photo/Unsplash/timothycdykes)

Ikan cupang hias memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai komoditas yang menghasilkan karena peminatnya cukup banyak. Selain itu, harga ikan cupang juga dinilai cukup tinggi.

"Masyarakat yang hobi ikan cupang hias ini cukup banyak, terbukti dari antusiasme saat digelar perlombaan. Harganya juga cukup bagus," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri di Padang, Selasa.

Dia menyebut peminat ikan cupang hias tak hanya dari dalam negeri saja, namun juga dari luar negeri. Sehingga ikan cupang bisa menjadi usaha bagi masyarakat.

Pemeliharaan ikan cupang hias juga cukup mudah karena tak memerlukan lahan yang luas.

Ikan ini suka hidup di air tenang sehingga cocok untuk dipelihara di rumah. Ikan cupang hias juga berbeda dengan ikan cupang adu terutama dari variasi warna yang lebih cerah. Kemudian, ikan cupang hias juga memiliki ekor dan sirip yang sangat khas

"Untuk gerakan ikan cupang hias ini cenderung lebih lamban. Sebab, ikan cupang hias suka menunjukkan kecantikannya. Ketika berenang dia akan sangat suka mengibaskan ekor dan siripnya yang indah," tuturnya.

Sementara itu harga ikan cupang hias cukup bagus bergantung ukuran dan corak. Saat ini harga satu ekor ikan cupang hias yang standar ukuran 5-7 centimeter sekitar Rp20 ribu. Ikan cupang hias super ukuran 5-7 centimeter sekitar Rp100 ribu.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X