Presiden Jokowi: Pemerintah Tidak Boleh Alergi Kritikan

- Jumat, 16 Agustus 2019 | 17:53 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
(photo/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Presiden Jokowi mengimbau seluruh aparatur negara untuk tidak cepat berpuas diri, sehingga alergi terhadap kritikan. Jokowi mengatakan, pencapaian oleh lembaga-lembaga negara seharusnya menjadi modal untuk ke depan.

"Kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita perlu saling mengingatkan dan saling membantu, dan kita tidak boleh alergi terhadap kritik," ujar Jokowi ketika menyampaikan pidato di depan Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat RI di Gedung MPR DPR DPD RI Jakarta, Jumat.

"Bagaimanapun kerasnya kritik itu, harus diterima sebagai wujud kepedulian, agar kita bekerja lebih keras lagi memenuhi harapan rakyat," tambahnya.

Jokowi menambahkan, di dalam negara demokrasi tentu terdapat perbedaan baik antar individu, antar kelompok, bahkan antara lembaga negara.

Walaupun begitu, perbedaan tersebut tak boleh dijadikan alasan untuk saling membenci satu sama lain.

"Perbedaan bukanlah alasan bagi kita untuk saling membenci, bukan alasan bagi kita untuk saling menghancurkan, atau bahkan saling meniadakan," kata Jokowi.

Menurut Jokowi bila perbedaan tersebut dikelola dalam satu visi besar yang sama, maka akan menjadi kekuatan yang dinamis.

Untuk itulah dia memngajak semua lembaga negara bersatu dan membangun sinergi yang kuat guna menyelesaikan tugas sejarah bangsa Indonesia.

"Bergandengan tangan menghadapi ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Serta ikut serta melahirkan lebih banyak lagi SDM-SDM unggul yang membawa kemajuan bangsa," ujar Jokowi. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X