Pesawat Berpenumpang 100 Orang Jatuh di Kazakhstan

- Jumat, 27 Desember 2019 | 11:29 WIB
Peta Kazakhstan. (google map)
Peta Kazakhstan. (google map)

Pesawat Bek Air dengan 95 penumpang dan lima awak  jatuh di dekat Kota Almaty, Kazakhstan. Data sementara 9 orang dikabarkan tewas, Jumat (27/12).

Dilansir dari Reuters, pesawat berjenis Fokker 100 tersebut, berencana terbang menuju Ibu Kota Nur Sultan. Namun, pesawat kehilangan ketinggian saat lepas landas dan menerobos pagar beton.

Komite Penerbangan Sipil Kazakhstan mengatakan, layanan darurat sedang bekerja di lokasi itu untuk mengeluarkan korban. Kondisi daerah tersebut, dari laporan Reuters tengan mengalami kabut tebal 

Saat ini, otoritas Kazakhstan tengah menangguhkan semua layanan penerbangan dengan jenis pesawat tersebut, sampai adanya penyelidikan. 

Presiden Kazakhstan mengungkapkan bela sungkawa pada korban dan berjanji akan ambil langkah hukum pada pihak yang lalai atas insiden ini.

"Mereka yang bertanggung jawab akan menghadapi hukuman berat sesuai dengan hukum," Presiden Kazakh Kassym Jomart Tokayev dalam cuitannya.

Dilansir dari BBC, kecelakaan pesawat ini, bukan kali pertama di kota itu. Pada 29 Januari 2013, kecelakaan pesawat dari Kota Kokshetau turun di dekat Almaty, menewaskan 20 orang.

Maskapai Bek Air didirikan pada tahun 1999. Perusahaan ini mengklaim menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah pertama di Kazakhstan dengan memiliki tujuh pesawat Fokker-100.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X