Akhir dari Pertikaian Bolsonaro dan Mandetta Soal Penanganan Corona, Menkes Brasil Dipecat

- Jumat, 17 April 2020 | 14:48 WIB
Kiri: Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (REUTERS/Adriano Machado). Kanan: Menkes Brasil, Luiz Henrique Mandetta. (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Kiri: Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (REUTERS/Adriano Machado). Kanan: Menkes Brasil, Luiz Henrique Mandetta. (REUTERS/Ueslei Marcelino)

Ujung dari keributan antara Presiden Brasil, Jari Bolsonaro dan  Menteri Kesehatan Brasil, Luiz Henrique Mandetta berujung pada pemberhetian Mandetta sebagai Menteri Kesehatan Brasil.

Pertikaian antara Bolsonaro dan Mandetta dilatarbelakangi oleh perbedaan pandangan antara keduanya.

"Saya baru saja mendengar dari Presiden Jair Bolsonaro pemberitahuan tentang pemberhentian saya sebagai Menteri Kesehatan," tulis Mandetta di akun Twitter-nya, pada Kamis (16/4/2020).

Terkait dengan pemecatan dirinya, Mandetta mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya. Ia juga berharap penganntinya nanti bisa lebih sukses mengemban jabatan sebagai Menteri Kesehatan Brasil.

Posisi Mandetta akan digantikan oleh Nelson Teich, ahli kanker yang mendukung kampanye Bolsonaro.

Mandetta dikenal sebagai sosok yang mengutamakan jarak sosial atau penguncian di Brasil. Ia menyetujuai keputuasn para gubernur untuk menutup seluruh sekolah dan tempat bisnis.

Namun rupanya, hal ini tak sejalan dengan padangan Bolsonaro, hingga akhirnya keduanya terlibat pertikaian.

Berikut ini sejumlah fakta tentang ketegangan yang terjadi antara Bolsonaro dan Mandetta.

1. Bolsonaro dan Mandetta sudah lama bertikai

-
Presiden Jair Bolsonaro didampingi oleh Mandetta. (REUTERS/Adriano Machado)

Dilansir dari Al Jazeera, Bolsonaro dan Mandetta diketahui sudah lama bersitegang, terkait dengan penanganan pandemki virus corona di Brasil.

Bolsonaro awalnya menilai bahwa wabah ini adalah permasalahan yang kecil. Ia juga menggaungkan obatan-obatan untuk virus corona yang tak terbukti kebenarannya. Bolsonaro bahkan menyerang para gubernur di Brasil atas perintah penguncian.

Hal ini berbanding terbalik dengan Mandetta yang menilai bahwa jarak sosial itu sangat penting. Ide Mandetta ini bahkan mendapat respon positif dari beberapa politikus Brasil.

Pekan lalu, dalam sebuah stasiun teleavisi, Mandetta menyebutkan bahwa pemerintah tak satu suara untuk menangani virus corona. Ia juga sempat menyinggung Bolsonaro, yang meremehkan wabah virus corona.

2. Sekretaris Kesehatan Brasil undur diri

-
Sekretaris Kesehatan Brasil, Wanderson de Oliveira. (REUTERS/Adriano Machado)

Kementerian Kesehatan Brasil menuturkan, Sekretaris Kesehatan Brasil, Wanderson de Oliveira mundur dari jabatannya pada Rabu (15/4/2020). Pengunduran ini disebabkan oleh konflik antara Bolsonaro dan Mandetta terus memanas.

3. Bolsonaro melanggar imbauan dari Menkes

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X