Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Gelar Bakti Sosial dan Penghijauan

- Minggu, 16 Februari 2020 | 16:34 WIB
Kiri ke kanan: Ketua Umum PHDI Mayjen TNI (purn) Wisnu Bawa Tenaya, Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie. (INDOZONE/Fauzi)
Kiri ke kanan: Ketua Umum PHDI Mayjen TNI (purn) Wisnu Bawa Tenaya, Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie. (INDOZONE/Fauzi)

Ratusan umat Hindu yang ada di kawasan Jabodetabek, mengikuti kegiatan bakti sosial dan penghijauan, dalam rangka Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 yang digelar di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (16/2/2020). Selain dihadiri para pemuka agama Hindu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (purn) Wisnu Bawa Tenaya serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ketua Panitia Nyepi Nasional Tahun Baru Saka 1942 Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menuturkan, kegiatan ini sejalan dengan tema Hari Raya Suci Nyepi tahun ini, 'Keunggulan dan Kerukunan Umat Beragama Menuju Indonesia Maju', sesuai dengan program besar Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Hari ini kita adakan pengobatan umum gratis bagi masyarakat kurang mampu, pembagian 500 paket Sembako, hingga penanaman tiga ribu pohon akar wangi di daerah aliran Sungai Ciliwung yang melintasi Mako Kopassus," jelas pria yang menjabat sebagai Danjen Kopassus ini.

-
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menyapa warga yang mengikuti pengobatan gratis. (INDOZONE/Fauzi)

Ia menambahkan, rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini ini juga akan diisi dengan parade budaya dan ogoh-ogoh dalam acara car free day 15 Maret 2020 di kawasan Jalan M.H Thamrin, Jakarta. Serta Melasti atau Mekiis di Pura Segara Cilincing, Jakarta Utara. Dilanjutkan dengan Tawur Agung Kesange yang akan dilaksanakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat untuk wilayah Jakarta dan daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia secara serentak Pada 22 maret 2020.

"Secara terpusat akan dilaksanakan di Candi Prambanan Jogjakarta pada tanggal 24 Maret 2020, Ritual Nyepi, ritual Yoga/Brata, ritual Ngembak Agni dan Dharmasanti," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menuturkan, semua agama sejatinya mengajarkan dan bertujuan untuk menjadi rahmat bagi alam semesta. Merawat hubungan sesama manusia, merawat juga hubungan dengan alam.

-
Penanaman pohon Akar Wangi di bantaran Sungai Ciliwung. (INDOZONE/Fauzi)

"Karena itu, kehadiran saya di sini secara langsung, lintas agama, lintas kebudayaan, mendorong kita untuk merawat kerukunan antar agama dan budaya, yang hari ini di Indonesia tengah menghadapi banyak masalah," katanya.

Puncak perayaan Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 tahun 2020, rencananya bakal dihelat di Gedung Nanggala, Mako Kopassus, Cijantung pada 3 April 2020 mendatang. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo diagendakan menghadiri acara ini.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X