Mbah Karsiman Meninggal, Uang 23 Juta Untuk Haji Disumbang ke Masjid

- Selasa, 24 September 2019 | 13:11 WIB
photo/Instagram/@pawongongso
photo/Instagram/@pawongongso

Belum lama ini, cerita haru dari Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah menjadi viral. Kisah itu diunggah pertama kali oleh akun Instagram @pawongongso. Cerita berawal dari seorang warga bernama Mbah Karsiman yang meninggal dunia pada Selasa (17/9) lalu.

Semasa hidupnya, Mbah Karsiman dikenal warga sebagai kakek tua yang hidup sebatang kara. Banyak warga yang iba dan kerap membantu Mbah Karsiman.

Setelah pemakamannya, warga kampung pun kemudian bergotong royong membersihkan rumah Mbak Karsiman. Saat bersih-bersih, warga menemukan banyak kantong plastik di rumah itu.

Alangkah terkejutnya warga, ternyata kantong plastik itu berisi uang dengan jumlah lumayan banyak, terdiri dari ribuan koin dan uang kertas lusuh. Warga pun berkumpul dan menghitung uang itu ramai-ramai.

Setelah dihitung keseluruhannya, uang itu berjumlah Rp23,6 juta. Menurut salah seorang warga, Mbah Karsiman pernah bercerita tentang keinginannya untuk berhaji.

"Keseharian Mbah Man juga dibantu oleh warga sekitar dan juga ada pula bantuan dari pemerintah desa," kata Dadang, salah satu warga kampung di video itu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Youtube | DOLAN BANYUDONO TV (@dolanbanyudono) on

Ternyata, bantuan-bantuan itu ditabung oleh Mbak Karsiman. Sebagian uang tabungan Mbah Karsiman itu akhirnya digunakan warga untuk membiayai pemakamannya.

Warga kampung kemudian sepakat untuk menyumbangkan sisa uang tersebut ke masjid. Harapannya, uang itu menjadi amal ibadah untuk Mbah Karsiman yang tak sempat menunaikan ibadah haji.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X