Ganjar Pranowo Minta Parpol Pendukung untuk Ajukan Nama Cawapres

- Sabtu, 17 Juni 2023 | 19:02 WIB
Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO/Monang Sinaga)
Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO/Monang Sinaga)

Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo mengajak partai politik pendukungnya untuk mengajukan nama calon wakil presiden (cawapres) guna dibahas bersama-sama.

"Ya, enggak apa-apa diusulkan saja. Kan, banyak partai yang bergabung dengan PDI Perjuangan dan kerja sama," kata Ganjar, seperti INDOZONE sadur dari Antara, Sabtu (17/6/2023).

Hal tersebut disampaikan Ganjar sebagai tanggapan soal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mengusulkan Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden.

Ganjar memandang hal itu sebagai penanda kerja sama politik antara PDIP dan PPP untuk Pemilu 2024 telah berjalan. Gubernur Jawa Tengah ini berharap nama-nama lain yang masuk bursa bakal cawapres dimunculkan partai politik yang sudah dan akan bekerja sama dengan PDIP.

Baca Juga: Buka Rapimnas PPP, Mardiono Gaungkan Kader untuk Sosialisasikan Ganjar Pranowo

"Dan siapa yang akan bergabung dan akan bekerja sama dan punya calon, yuk diberikan," ucap Ganjar.

Ganjar bicara soal proses penentuan cawapres pendamping dirinya. Di mana, hal itu bakal dibahas melalui dialog antara PDIP dan partai politik pengusungnya.

-
Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO/Monang Sinaga)

"Jadi nanti kita akan berembuk (kandidat nama-nama cawapres) secara bersama-sama," ujarnya.

Sebelumnya, PPP resmi menunjuk kadernya Sandiaga Uno untuk menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Keputusan itu diputuskan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI PPP di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga: Bergabung dengan PPP Sore Ini, Peluang Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar semakin Besar

“Mengusulkan Bapak Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arwani Thomafi.

Dia mengungkapkan dalam proses pengambilan keputusan para DPW sempat mengusulkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono, maju sebagai cawapres.

Namun, katanya, usulan itu ditolak Mardiono yang ingin fokus memenangkan PPP di Pemilu 2024.

“Oleh karena itu, beliau fokus sebagai panglima tertinggi memenangkan PPP dalam Pemilu 2024 nanti,” jelas Arwani Thomafi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X