The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jokowi Langsung Buka Pidato dengan Bongkar Tantangan Krisis Dunia di Sidang Tahunan MPR
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung saat menghadriri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Setpres/Agus Suparto)
News

Jokowi Langsung Buka Pidato dengan Bongkar Tantangan Krisis Dunia di Sidang Tahunan MPR

Selasa, 16 Agustus 2022 11:54 WIB 16 Agustus 2022, 11:54 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pidatonya dalam sidang tahunan MPR/DPR dengan membahas mengenai tantangan-tantangan global yang akan dihadapi seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Ia menyebutkan bahwa tantangan tersebut bukan hal yang mudah untuk dihadapi, yakni diantaranya tantangan krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19, energi, keuangan hingga pangan yang akan berdampak ke seluruh negara.

"Tantangan yang kita hadapi sangat berat, sangat sulit, tidak mudah. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian yang sama. Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih," ucapnya, Selasa (16/8/2022).

"Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi," tambah Jokowi.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF 2022, Presiden Jokowi Bangga

Presiden Jokowi pun menyebutkan tantangan tersebut akan dihadapi oleh  107 negara di dunia. Dampaknya, diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan akut dan kelaparan.

"Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan," terangnya.

Kendati demikian, Kepala Negara tersebut mengatakan bahwa di tengah tantangan berat, bangsa Indonesia mampu berjuang dan termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global itu.

"Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," tandas Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US