HUT Kota Semarang, Wali Kota Ita Ajak Masyarakat Mengenal Lagi Kebudayaan Asli Daerah

- Rabu, 3 Mei 2023 | 10:24 WIB
Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berjoget bersama dalam peringat HUT Kota Semarang. (Ist)
Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berjoget bersama dalam peringat HUT Kota Semarang. (Ist)

Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Semarang ke-476 yang berlangsung pada 2 Mei 2023, berlangsung meriah. Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengajak masyarakat untuk mengenal kembali kebudayaan-kebudayaan asli kota Semarang.

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita itu mengenalkan kembali Nasi Glewo khas Kota Semarang, dan mengajak masyarakat untuk berjoget bersama dengan gerak tarian khas Kota Semarang.

"Hal ini bagaimana menggali kembali kuliner namanya Nasi Glewo. Nasi Glewo ini sebenarnya asli dari kota Semarang, tetapi tidak banyak orang tahu," kata Ita di Halaman Balaikota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (2/5).

"Kemudian juga tarian, jadi bagaimana kita mengajak seluruh masyarakat dengan kekompakan bersama dengan joget Semarangan," sambungnya.

Baca Juga: Kota Semarang Raih Prestasi Terbaik Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Meskipun peringatan Hari Ulang Tahun Kota Semarang ini berlangsung meriah, dirinya juga tidak menampik bahwa masih ada beberapa pekerjaan rumah Kota Semarang yang harus segera diselesaikan. Infrastruktur terkait banjir yang masih menjadi PR utama dan ketimpangan ekonomi juga pengguran terbuka turut menjadi PR kota Semarang saat ini.

"Kita tahu, ada beberapa tempat terjadi bencana banjir. Kalau tidak segera ditangani akan semakin besar, ini menjadi satu PR bagi kita. Kemudian juga masalah stunting, kemiskinan, dan yang paling penting adalah tingkat pengangguran terbuka,"

"Kalau masalah kemiskinan dan stunting, alhamdulillah sudah mengalami penurunan. Kemudian juga inflasi, kemarin kota Semarang masuk 10 besar terendah di Indonesia. Tetapi yang menjadi PR dari kota Semarang selain masalah Infrastruktur banjir, yang kedua adalah mengenai ketimpangan dan juga pengangguran terbuka,” terangnya.

Acara Hari Ulang Tahun Kota Semarang ke 476 ini disambut antusias oleh 11.476 masyarakat kota semarang. Turut hadir juga Bupati Grobogan, Bupati Semarang, Bupati Demak, PJ Salatiga, kemudian Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal.

Baca Juga: Kota Semarang Juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Dalam kesempatan itu, Ita juga mengingatkan kembali kepada masyarakat mengenai harapan Presiden Indonesia Joko Widodo mengenai cashless society. Wali kota perempuan pertama di kota Semarang tersebut menyampaikan bahwa Bank Jateng dan Bank BNI sudah merealisasikan harapan Presiden Indonesia tersebut. Hal ini juga sejalan dengan keinginan Pemerintah Kota Semarang untuk mengedepankan program Smart City atau digitalisasi.

“Harapan pak presiden mengenai Cashless Society. Adanya Kartu kredit tapi non-master, non-visa, jadi kartu kredit dalam negeri. Sehingga Alhamdulillah tadi, atas kerja sama antara Bank Jateng dengan Bank BNI ada namanya KKPD, kartu kredit pegawai dan ID Card Tap Cash. Sehingga kita banyak melakukan langkah-langkah terkait dengan smart city, digitalisasi. Diharapkan juga, dihari ulang tahun ini akan menjadi satu lompatan besar,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X