Jokowi Tegur Zulhas Minta Fokus Bekerja Turunkan Harga Minyak Goreng, Ini Penyebabnya

- Rabu, 13 Juli 2022 | 09:32 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alis Zulhas untuk fokus bekerja menstabilkan harga minyak goreng.

Hal ini pasca sebuah video yang memperlihatkan Zulkifli kedapatan membagikan minyak goreng gratis ke ibu-ibu di Lampung, namun diselipi kampanye agar sang putri menang pada Pilkada mendatang.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng,” kata Jokowi sebagaimana dilihat dalam laman Setkab, Rabu (13/7/2022).

Jokowi berharap harga minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14.000 atau di bawahnya. Untuk itu, kata Jokowi, tugas darinya adalah mengecek ke pasar dan menekan harga minyak.

“Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium,” jelas Jokowi.

Baca Juga: Pemerintah Didesak Segera Cari Solusi Stabilkan Harga Pokok Jelang Idul Adha

Jokowi juga menekankan agar para menteri, utamanya yang mengurusi bidang energi dan pangan, agar bisa fokus menangani dua hal tersebut. Menurutnya, saat ini situasi dunia sedang terdisrupsi di dua bidang tersebut.

“Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan, ini penting. Ini saya urus terus urusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini,” tandasnya.

Diketahui video yang menampilkan Zulkifli sedang membagikan minyak goreng merek 'Minyakita’ viral dan menjadi sorotan. Hal tersebut karena dia meminta putrinya yakni Futri dipilih di pilkada mendatang.

Kala itu Zulkifli menyampaikan sambutan di hadapan ibu-ibu yang hadir. Ia juga terlihat sempat berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag, Minyakita.

“Ibu-ibu di sini katanya ada Minyakita, murah ya? Disuruh beli berapa? Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri, ntar dua bulan ada deh ginian," jelas Zulkifli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X