Tanpa PDIP, 8 Partai Politik di Parlemen Berkumpul Bahas soal Sistem Pemilu 2024

- Minggu, 8 Januari 2023 | 12:51 WIB
Delapan parpol di DPR berkumpul. (ANTARA/Syaiful Hakim).
Delapan parpol di DPR berkumpul. (ANTARA/Syaiful Hakim).

Sebanyak delapan pimpinan partai politik berkumpul di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023). Mereka bertemu untuk membahas mengenai sistem proporsional tertutup atau sistem proporsional terbuka. 

Adapun delapan Ketum Parpol yang hadir adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Sementara Ketua Umum yang tidak hadir yakni Surya Paloh diwakilkan oleh Sekjen Jhonny G Plate, dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono diwakilkan Waketum PPP Amir Uskara. Untuk Partai Gerindra belum terlihat mengirimkan perwakilannya.

Waketum NasDem Ahmad Ali mengatakan, salah satu yang dibahas oleh petinggi partai politik yang ada di Parlemen ini adalah pernyataan dari Ketua KPU Hasyim Asyari ihwal peluang proporsional tertutup pada Pemilu 2024.

"Salah satu yg ingin dibicarakan, satu soal masalahnya pernyataan ketua KPU tentang proposional terbuka. Itu menjadi poin yang akan kita diskusikan supaya ada pemahaman yang sama," ujar Ali di Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023).

Baca Juga: Kecuali PDIP, 8 Fraksi DPR Tolak Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

Disinggung apakah nantinya delapan Parpol kemudian mengeluarkan sikap penolakan terhadap wacana sistem proporsional tertutup, Ali menjawab diplomatis. 

Mengenai apakah pernyataan sikap delapan parpol ini perlu dilaporkan ke Presiden Jokoiw, Ali memandang sudah pasti Kepala Negara memahami sikap internal masing-masing parpol.

"Jadi ya ini menyangkut internal parpol masing-masing, kepentingan partai secara kedepannya jadi bicara tentang hal-hal yang lain," tukasnya.

Baca Juga: Mengenal Sistem Proporsional Tertutup di Pemilihan Umum

Sebanyak delapan fraksi partai politik (Parpol) di DPR menyatakan sikap bersama untuk menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilihan Umum (Pemilu 2024). 

Adapun delapan parpol yang menyatakan sikap, yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Amanat Nasional, dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan

Pernyataan sikap tersebut ditandatangani oleh masing-masing perwakilan dari delapan parpol pada 2 Januari 2023. Sikap pertama delapan fraksi yakni berkomitmen akan terus mengawal pertumbuhan demokrasi Indonesia tetap ke arah yang lebih maju.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X