Belum Terbiasa, Nadiem Akui Belajar Daring Memang Menyulitkan

- Rabu, 6 Mei 2020 | 18:16 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Makarim. (Photo/ANTARA)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Makarim. (Photo/ANTARA)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Makarim mengakui bahwa sistem pembelajaran dari rumah memang sangat menyulitkan di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, hal itu karena belum biasa menggunakannya.

Nadiem menilai sistem tersebut dalam acara diskusi Akademi Edukreator dalam video teleconference Kemendikbud, Rabu (6/5/2020).

"Pembelajaran juga masih terdampak secara negatif secara substansial ya. Kita harus jujur bahwa proses-proses adaptasi ke online learning sangat sulit," kata Nadiem.

"Lebih baik ada pembelajaran yang terjadi, daripada sama sekali tidak ada pembelajaran. Banyak orang tidak menyadari, kita tidak dalam situasi belajar dari rumah karena kita mau. Situasi belajar dari rumah karena terpaksa, ada krisis kesehatan," terang dia.

Nadiem juga mengatakan meski akibat pandemi Covid-19 membuat program pendidikan terganggu, namun hal itu membuat pendidikan perkembangan digitalisasi untuk pendidikan semakin maju.

"Tapi tentu dengan kendala Covid-19 ini, ada beberapa kendala (pendidikan) yang tertunda, lalu akan ter-push sampai krisis berakhir. Tapi harapannya, beberapa hal lain, dari digitalisasi dan lain-lain malah akan mengekselerasi momentumnya mempercepat," katanya.

"Jadi menurut saya dari sisi itu, dan kecepatan tim kita untuk mengeksekusi, saya cukup senang," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X