Korea Utara Alami Kekeringan Buruk, Rakyat Terancam Kelaparan

- Kamis, 16 Mei 2019 | 11:44 WIB
Reuters/Damir Sagol
Reuters/Damir Sagol

Tahun ini, Korea Utara mengalami kekeringan yang teramat buruk. Hal itu dikarenakan minimnya curah hujan dan salju yang turut. Kekeringan ini yang membuat penduduk Korut diprediksi akan mengalami krisis pangan dan terancam kelaparan,

Pada awal 2019, dari Januari hingga Mei tercatat curah hujan dan salju yang turun hanya berkisar 54,4 milimeter. Kondisi itu tampaknya akan mengulang kejadian yang pernah dialami Korut pada tahun 1982 silam.

Dalam satu dekade belakangan ini, Badan Pangan Dunia PBB (WFP) melaporkan produksi pangan Korea Utara sudah mencapai titik terendah. Pada 2018 saja, produksi pangan Korut hanya mencapai 4,95 juta ton. Jumlah itu menurun 500 ribu ton dari tahun sebelumnya.

Menurut pihak Kementerian Penyatuan Korea, Korea Selatan harus mengirimkan bantuan pangan ke Korut pada Mei hingga September mendatang.

"Sebelum kekeringan, satu dari lima anak usia di bawah lima tahun di Korut mengalami gizi buruk karena kekurangan nutrisi. Kami prihatin anak-anak ini tidak bisa bertahan dengan keadaan itu," demikian pernyataan Palang Merah Dunia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X