Beijing Senang Dengar Kabar WNI Dikarantina di Natuna Sehat

- Jumat, 7 Februari 2020 | 09:28 WIB
Sejumlah WNI beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau (ANTARA/M Risyal Hidayat)
Sejumlah WNI beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau (ANTARA/M Risyal Hidayat)

Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dikarantina di bawah gemblengan TNI Angkatan Udara dan Kementerian Kesehatan di Natuna, dinyatakan sehat, usai dievakuasi dari Wuhan.

Mendengar kabar tersebut, pemerintah Tiongkok di Beijing mengaku senang.

"Saya senang mendengar bahwa para mahasiswa Indonesia itu dalam kondisi sehat. Kalau epidemi berakhir, mereka dipersilakan kembali melanjutkan studi dan tinggal di China," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying dilansir dari Antara, Kamis (6/2/2020).

Hua Chunying mengatakan bahwa pihaknya telah berupaya menangani virus korona yang mewabah di negaranya tersebut. Mereka juga bekerja keras memastikan keselamatan dan kesehatan warga negara asing di Provinsi Hubei.

"Kami juga memberikan bantuan dan fasilitas kepada mereka sebelum pergi dari China," kata Hua Chunying.

Sebelumnya, Hua Chunying sempat merasa sedih karena WNI tersebut sempat ditolak oleh warga Natuna. Menurutnya, masyarakat perlu memahami situasi tersebut dan tidak perlu menyikapinya secara berlebihan.

"Ini sama sekali tidak perlu. WHO telah menjelaskan bahwa 2019-nCoV bukanlah pandemi. Kami berharap semua orang dapat melihat situasi epidemi dengan tenang, rasional, berbasis sains, dan jangan percaya desas-desus serta bereaksi secara berlebihan," ungkap Hua.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X