Pemprov DKI Jakarta Dukung PUPR Soal Sungai

- Jumat, 10 Januari 2020 | 10:21 WIB
Foto udara suasana wilayah bantaran sungai Ciliwung yang belum dinormalisasi (kiri) dan yang sudah dinormalisasi (kanan) di kawasan Bukit Duri, Jakarta (Antara/Muhammad Adimaja)
Foto udara suasana wilayah bantaran sungai Ciliwung yang belum dinormalisasi (kiri) dan yang sudah dinormalisasi (kanan) di kawasan Bukit Duri, Jakarta (Antara/Muhammad Adimaja)

Gubernur Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mendukung program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait sungai di Jakarta. Anies mengatakan bahwa pihaknya akan selalu mendukung program PUPR apapun konsep yang diajukan, baik itu normalisasi maupun naturalisasi sungai.

Terkait hal tersebut, Anies mengatakan sudah berkomunikasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Beliau (Basuki) menyampaikan mana-mana yang mau naturalisasi, kami (Pemprov DKI) bantu, mana-mana yang normalisasi, kami bantu. Jadi enggak ada itu yang namanya dikonflikkan di kami," ujar Anies.

Mantan Mendikbud itu mengatakan, normalisasi dan naturalisasi sama saja, yaitu bertujuan untuk melebarkan sungai.

Anies menyebut dirinya lebih memilih kata 'pelebaran' untuk penataan sungai, saat ditanya soal pembebasan lahan yang menjadi tugas Pemprov DKI Jakarta, untuk keperluan penataan sungai.

Pada awal tahun ini, Anies mengungkapkan Pemprov DKI bakal berupaya membebaskan lebih banyak lahan untuk pelebaran sungai.

Pihaknya juga akan menyiapkan dasar hukum pembebasan lahan tersebut, walau Anies tidak mau membocorkan soal dasar hukum yang dimaksud.

"Kalau namanya orang mengeluarkan anggaran itu harus ada dasarnya dan itu disiapkan aturan-aturannya," katanya.

Sementara itu, Basuki Hadimuljono mengaku sudah tidak ada perbedaan pandangan tentang normalisasi dan naturalisasi sungai antara dirinya dengan Anies. Ia sudah berdikusi dengan Anies terkait hal tersebut.

"Tidak ada bedanya antara naturalisasi dan normalisasi. Kenapa? Karena semuanya butuh pelebaran sungai, itu intinya. Ini yang disampaikan dalam rapat," ujar Basuki seusai rapat dengan Presiden Jokowi, yang juga dihadiri Anies pada Rabu (8/1/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X