Presiden Donald Trump Kecam Hasil Sidang Pemakzulan Dirinya
Reuters/Leah Millis
News

Presiden Donald Trump Kecam Hasil Sidang Pemakzulan Dirinya

Jumat, 20 Desember 2019 10:06 WIB 20 Desember 2019, 10:06 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengecam hasil putusan sidang pemakzulan yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat AS pada Rabu malam (18/12). Menurutnya, pemakzulan tersebut merupakan keputusan sepihak.

"Pemakzulan sepihak yang tidak berdasarkan hukum ini merupakan upaya bunuh diri Partai Demokrat," ujar Trump ketika berbicara di depan pendukungnya saat kampanye pemilihan presiden di Michigan (18/12).

Trump juga meyakini bahwa anggota Partai Republik di Senat akan menyelamatkan dirinya agar tidak dimakzulkan.

trump
Reuters/Joshua Roberts

Trump menjadi satu dari empat presiden AS yang pernah menghadapi upaya pemakzulan. Akan tetapi, Richard Nixon (menjabat dari 20 Januari 1969–9 Agustus 1974) mengundurkan diri terlebih dahulu sebelum DPR AS mengadakan pemungutan suara untuk pemakzulan dirinya.

Meski demikian, politisi senior Partai Republik sekaligus anggota Senat Mitch McConnell memastikan bahwa Senat tak akan mencopot Trump di sidang pemakzulan pada 2020 mendatang. Hal tersebut membuat Trump sedikit tenang.

Trump juga sempat menyampaikan rasa bangganya terhadap Partai Republik yang tidak tepengaruh dengan ajakan Partai Demokrat untuk memakzulkan dirinya. Hal tersebut disampaikannya melalui kampanyenya di Michigan menuju pemilihan presiden November 2020.

trump
Reuters/Joshua Roberts

Menurut Trump, Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan anggota Partai Demokrat lainnya telah melakukan 'tindakan memalukan', sehingga jutaan orang pada pemilihan umum tahun depan akan merampas kendali Partai Demokrat di parlemen serta 'meminta Pelosi untuk mundur dari jabatannya'.

"Mereka adalah orang-orang yang harusnya dimakzulkan," kata Trump.

Michigan sendiri merupakan daerah yang memenangkan Trump di pilpres pada tahun 2016. Sehingga, daerah itu menjadi sasaran kampanye yang tepat dan kondusif bagi Trump.

Kampanye Trump di Michigan, yang dijadwalkan sejak beberapa pekan lalu, dilangsungkan pada hari yang sama DPR AS mengadakan sidang pemungutan suara untuk pemakzulan dirinya.

Saat kampanye, para pendukung Trump bahkan optimis Trump akan terus maju menjadi Presiden AS. Mereka bahkan berseru: "empat tahun lagi!" ke arah Presiden Trump.

Kasus pemakzulan Trump saat ini pun berlanjut ke sidang Senat. Di sana, McConnell telah berjanji akan membatalkan upaya pemakzulan terhadap Trump. McConnell, sekutu Trump, berencana mengadakan sidang pada awal Januari.

Ia memastikan kepada Gedung Putih bahwa 67 dari 100 anggota Senat tidak akan mencopot Trump dari jabatannya. Jumlah 67 suara merupakan batas minimal yang diperlukan oleh Senat untuk memakzulkan Trump.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU