Jokowi Bakal Tinjau Lokasi Ibu Kota di Sepaku Kalimantan Timur
Presiden Joko Widodo saat akan berangkat ke Kalimantan Timur, Selasa (17/12). (Sekretariat Presiden).
News

Jokowi Bakal Tinjau Lokasi Ibu Kota di Sepaku Kalimantan Timur

Perpindahan ibu kota semoga bukan wacana.

Selasa, 17 Desember 2019 11:04 WIB 17 Desember 2019, 11:04 WIB

INDOZONE.ID - Setelah meresmikan jalan tol pertama di Kalimantan atau Tol Balikpapan Samarinda (Balsam), seksi Samboja-Samarinda di gerbang Tol Samboja, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). 

Presiden Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan meninjau lokasi ibu kota negara di kawasan konsesi hak pengusahaan hutan (HPH) PT ITCI, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam keterangan dari Istana Kepresidenan, usai meninjau lokasi tersebut, Presiden akan menuju hotel untuk beristirahat dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memastikan, pemerintah bakal membentuk Badan Otorita Pembangunan Ibu Kota Baru. Badan setingkat menteri itu bakal mengurus sejumlah hal, salah satunya terkait pembentukan provinsi anyar di Penajem Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.  

Provinsi baru itu dibuat agar proses pemindahan ibu kota negara tidak sekadar perpindahan kantor pemerintahan. Pemerintah ingin melahirkan transformasi.  

Namun, pemerintah terlebih dahulu menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk Badan Otorita Pembangunan Ibu kota Baru. Nantinya, badan itu yang berwenang mempersiapkan, membangun, dan kemudian proses pemindahan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Alwan
Alwan

Alwan

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU