Jokowi Bakal Tinjau Lokasi Ibu Kota di Sepaku Kalimantan Timur

- Selasa, 17 Desember 2019 | 11:04 WIB
Presiden Joko Widodo saat akan berangkat ke Kalimantan Timur, Selasa (17/12). (Sekretariat Presiden).
Presiden Joko Widodo saat akan berangkat ke Kalimantan Timur, Selasa (17/12). (Sekretariat Presiden).

Setelah meresmikan jalan tol pertama di Kalimantan atau Tol Balikpapan Samarinda (Balsam), seksi Samboja-Samarinda di gerbang Tol Samboja, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). 

Presiden Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan meninjau lokasi ibu kota negara di kawasan konsesi hak pengusahaan hutan (HPH) PT ITCI, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam keterangan dari Istana Kepresidenan, usai meninjau lokasi tersebut, Presiden akan menuju hotel untuk beristirahat dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memastikan, pemerintah bakal membentuk Badan Otorita Pembangunan Ibu Kota Baru. Badan setingkat menteri itu bakal mengurus sejumlah hal, salah satunya terkait pembentukan provinsi anyar di Penajem Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.  

Provinsi baru itu dibuat agar proses pemindahan ibu kota negara tidak sekadar perpindahan kantor pemerintahan. Pemerintah ingin melahirkan transformasi.  

Namun, pemerintah terlebih dahulu menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk Badan Otorita Pembangunan Ibu kota Baru. Nantinya, badan itu yang berwenang mempersiapkan, membangun, dan kemudian proses pemindahan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X