Jokowi Tepati Janji, Eselon IV di Setiap Kementerian Bakal Dipangkas

- Senin, 11 November 2019 | 16:13 WIB
Presiden Joko Widodo. (Antara/Puspa Perwitasari)
Presiden Joko Widodo. (Antara/Puspa Perwitasari)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memangkas jumlah eselon di kementerian. Hal itu disampaikannya dalam pidato setelah dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia, 20 Oktober 2019. 

Janji itu tampaknya segera direalisasikan Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan memangkas eselon di setiap kementerian.

"Yang pertama mungkin eselon IV terlebih dahulu di setiap kementerian, meskipun ini juga harus dilihat secara cermat kajiannya," ujar Jokowi saat rapat terbatas mengenai Program Cipta Lapangan Kerja di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/11).

Jokowi menilai, reformasi birokrasi harus dilakukan secara besar-besaran, beriringan dengan pemangkasan sejumlah regulasi yang ada. 

Menurutnya, sebaik apapun regulasi jika tak diiringi perubahan orientasi birokrasi, tetap akan menjadi masalah. Untuk itu, diperlukan perubahan dari orientasi prosedur ke orientasi hasil.

"Jangan sampai kita masih bertele-tele di prosedur tapi golnya, hasilnya, justru tak terlihat," tegas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluhkan ekosistem regulasi yang ada di Indonesia. Untuk itu dia eminta seluruh kementerian untuk mengidentifikasi regulasi-regulasi yang dinilai menghambat.

Jika perlu, regulasi tersebut segera dipangkas.

"Atau diusulkan untuk dipangkas kepada Presiden," tuturnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X