Viral Foto Mozaik Bertuliskan 'Betawi Pilih Nomor 2', Ini Faktanya(photo/Facebook/Dian Alkarna/UNS)

Viral Foto Mozaik Bertuliskan 'Betawi Pilih Nomor 2', Ini Faktanya

INDOZONE.ID - Facebook dihebohkan beredarnya foto mozaik bertuliskan 'Betawi Pilih Nomor 2'. Namun faktanya foto mozaik yang beredar itu adalah editan. Foto itu aslinya mozaik mahasiswa Universitas Sebelas Maret.

Foto itu pertama kali diunggah akun Facebook Dian Alkarna. Dalam foto itu disebutkan bahwa masyarakat Betawi memilih paslon 02, Prabowo-Sandi.

Selain itu, pemilik akun juga menambahkan sebuah narasi dengan mengatakan, "Ini Baru Betawi 100%..

Betawi Punya Gayeeee..."

Namun faktanya foto itu adalah hoax atau editan. Mozaik itu merupakan karya mahasiswa dari ajang Student Vaganza One Indonesia Universitas Sebelas Maret (UNS) 2017.

"Foto yang dilampirkan dalam posting tersebut telah disunting. Foto tersebut aslinya adalah salah satu dari formasi mozaik mahasiswa yang dilakukan dalam acara Student Vaganza One Indonesia UNS pada tahun 2017," ujar Aldinshah Vijayabwana, anggota Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dalam debunk yang dilakukannya di laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH), Rabu (13/3/2019).

Aldinshah menjelaskan bahwa acara Student Vaganza One Indonesia UNS sendiri adalah puncak dan penutup rangkaian Program Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNS 2017 pada tanggal 17 Agustus 2017.

Dalam acara itu, tema yang diusung adalah “Peningkatan Peran dan Kontribusi Pemuda dalam Menjaga Kearifan Budaya Lokal”. Tujuannya untuk menggelorakan kembali semangat persatuan di tengah keberagaman budaya di Indonesia.