37 Hewan Terdampak Banjir Dapat Pengobatan Gratis di Tempat ini
Dokter hewan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan memeriksa kesehatan hewan terdampak banjir di Kelurahan Manggarai, Tebet, Jumat (10/1/2020) (photo/dok.Kominfotik Jakarta Selatan)
News

37 Hewan Terdampak Banjir Dapat Pengobatan Gratis di Tempat ini

Sabtu, 11 Januari 2020 00:40 WIB 11 Januari 2020, 00:40 WIB

INDOZONE.ID - Selama banjir awal Tahun Baru 2020, ada sebanyak 37 ekor hewan peliharaan terdampak banjir yang mendapat layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dari Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jumat (10/1).

"Hari ini layanan kesehatan hewan pascabanjir hadir di Kelurahan Manggarai, total ada 37 ekor hewan peliharaan dari 19 pemilik yang dapat layanan kesehatan hewan gratis," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku dinas KPKP Jakarta Selatan Herawati.

Sebanyak 37 hewan peliharaan tersebut terdiri atas 10 ekor anjing, 23 ekor kucing dan empat ekor musang.

Diketahui bahwa layanan kesehatan hewan pascabanjir telah berlangsung sejak Sabtu (4/1), petugas turun ke wilayah terdampak banjir yang ada di Jakarta Selatan.

Petugas kesehatan hewan memberikan pelayanan periksaan kesehatan dengan diagnosa meliputi, scabies, vaksinasi rabies, gatal-gatal, diare, flu, mata, kutu dan cek kesehatan.

"Pelayanan kesehatan yang diberikan untuk hewan yakni pemeriksaan kesehatan hewan, pengobatan, dan bantuan pakan hewan," kata Hera.

Ia menambahkan, hewan yang telah diperiksa kondisi kesehatannya akan diberikan obat sesuai dengan diagnosanya masing-masing.

"Untuk pelayanan pengobatan yakni vaksin nobivac, ivermectin, vetadryl, hematodin, biodin, betamox, salep mata, salep gentamicin, dan pipapet," katanya.

Sedangkan untuk bantuan pakan yang diberikan terdiri atas makanan kucing 11 kilogram dan makanan anjing empat kilogram.

Dinas KPKP DKI Jakarta bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan komunitas penyayang hewan, mengadakan penyelamatan, perawatan dan pertolongan medis terhadap hewan terdampak banjir.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US