74 Tahun, Berikut Alutsista Buatan Anak Bangsa yang Dipakai TNI

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 18:11 WIB
Kapal Selam Alugoro-405. (Antara/A Malik Ibrahim)
Kapal Selam Alugoro-405. (Antara/A Malik Ibrahim)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan berusia 74 tahun pada 5 Oktober esok. Beragam alat utama sistem persenjataan (Alutsista) pernah dan sedang digunakan oleh TNI. Mulai dari senjata, kendaraan lapis baja, tank, hingga kapal laut dan pesawat terbang.

Selain dibeli dari luar negeri, ada sejumlah Alutsista yang diproduksi di dalam negeri alias buatan Indonesia. Yang terkenal tentu saja Panser Anoa buatan Pindad. Panser ini juga laris dibeli negara asing, selain digunakan untuk Pasukan Penjaga Perdamaian PBB.

Tak hanya Panser Anoa, Indonesia juga sukses membuat berbagai Alutsista lainnya yang tidak kalah membanggakan. 

Berikut alutsista buatan Indonesia yang #KAMUHARUSTAU:

Ranpur P6 ATAV

Kendaraan produksi PT Sentra Surya Ekajaya (SSE) ini merupakan merupakan kendaraan taktis yang dirakit di Tangerang. Saat ini P6 ATAV digunakan sebagai armada untuk para prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD dan Korps Pasukah Khas (Paskhas) TNI AU.

Ranpur P6 ATAV dirancang untuk dikendarai pada segala medan terutama untuk menyusuri jalur ekstrem. Kendaraan ini dibekali mesin diesel 2.500 cc empat silinder yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 142 tenaga kuda dengan transmisi otomatis enam percepatan. Tangki bensin bisa menampung 120 liter yang bisa digunakan untuk menjelajah sejauh 500 kilometer.

-
(defense-studies)

 

Selain itu, P6-ATAV memiliki panjang 4,6 meter dengan lebar 2,3 meter dan tinggi 1,5 meter. Para prajurit dilindungi dnegan rangka tubular, sementara bagian samping tidak dilengkapi pintu dan kaca. Namun, bagian depan dilengkapi dengan kaca antipeluru.

P6 ATAV juga sudah menggunakan ban berjenis run flat tire, yang membuat mobil masih bisa bergerak meski kondisi ban kempis. Selain itu, terdapat empat sisi yang dapat digunakan sebagai dudukan senapan serbu dengan peluru kaliber 7,63 mm.

Kapal Selam Alugoro-405

Kapal selam yang diberi nama Alugoro-405 berhasil diproduksi dan diluncurkan oleh PT PAL Indonesia.

Kapal selam jenis Diesel Electric Submarine U209 ini pertama kali diluncurkan pada bulan April 2019 lalu. Peluncuran pertama dilakukan oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu.

Kapal ini merupakan kapal selam ketiga yang dibuat oleh PT PAL yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan.

-
(Antara/A Malik Ibrahim)

 

Dua kapal selam pertama dibangun di Korea Selatan, yakni KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404. Sementara Alugoro-405 dibangun di PT PAL Indonesia. Kapal selam Alugoro-405 akan beroperasi di seluruh perairan Indonesia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X