Ternyata Menatap Pemandangan Hijau Bisa Mengurangi Keinginan Ngemil

- Minggu, 11 Agustus 2019 | 18:39 WIB
(photo/Resveralife)
(photo/Resveralife)

Seluruh manusia di dunia pasti senang mengemil. Keinginan mengemil sering muncul di saat lapar, stres, cemas & juga bosan. Namun jika keinginan itu sulit dikontrol, kamu bisa mengatasinya dengan cara ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Plymouth, Inggris, cara alternatif untuk mengurangi kecanduan mengemil adalah dengan melihat pemandangan hijau.

Penelitian itu menyebutkan, dengan menikmati pemandangan hijau atau alam, bisa mengurangi keinginan untuk makan. Apalagi jika kamu sambil melakukan aktivitas di alam terbuka.

Kesimpulan ini diambil dari hasil survei yang telah menganalisis kaitan antara tingkat aktivitas di alam dengan keinginan untuk melakukan aktivitas yang berdampak bagi tubuh, salah satunya ngemil.

Kamu juga tidak perlu piknik ke tempat wisata agar bisa melihat pemandangan alam. Namun dengan melihat pepohonan yang ada di halaman rumah atau di taman kota saja sudah cukup memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Manfaat ini akan semakin tinggi apabila diimbangi dengan melakukan aktivitas di ruang terbuka seperti berolahraga.

"Pengaruh positif ruang terbuka terhadap kesehatan memang telah lama dibuktikan secara sains. Namun, penelitian ini berhasil membuktikan adanya manfaat yang lebih mendalam terhadap kesehatan, yakni mengurangi keinginan untuk makan berlebih," ungkap pimpinan riset Leanne Martin.

Penelitian ini juga dibenarkan oleh psikolog Dr. Sabine Pahl. Dia mengatakan, "Adanya kaitan antara keberadaan pemandangan hijau dengan penurunan keinginan untuk ngemil menjadi langkah yang menjanjikan dalam menuntaskan persoalan kesehatan ini."

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X