The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Warga Ponorogo Gelar Lomba Jalan Rusak, Sindiran Satir Rakyat untuk Pemkab yang Tutup Mata
Kondisi jalan rusak di Ponorogo. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)
News

Warga Ponorogo Gelar Lomba Jalan Rusak, Sindiran Satir Rakyat untuk Pemkab yang Tutup Mata

Rabu, 24 Agustus 2022 18:01 WIB 24 Agustus 2022, 18:01 WIB

INDOZONE.ID - Sindiran satir dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Mereka mengggelar lomba foto jalan rusak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

ponorogo
Gedung Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Peserta yang diperbolehkan ikut hanya siswa SMA atau sederajat. Caranya juga tinggal melakukan foto jalan rusak lalu diunggah ke media sosial Instagram. Dalam foto itu harus disertakan kondisi jalan dan lokasinya. 

“Tidak ada tendensi apa-apa. Ini memang pure pengalaman pribadi dari teman-teman BEM ketika mau rapat ada yang jatuh karena lubang jalan,” ujar Muhammad Ridwan, Ketua BEM FISIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Selasa (23/8/2022).

ponorogo
Gedung Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan jika ide lomba ini merupakan keresahan dari teman-temannya yang tinggal di pelosok. Mereka merasakan melewati jalan yang dinilai rusak dan membahayakan pengendara. 

“Golnya adalah kita share jalan yang rusak itu di daerah-daerah. Jalan rusak itu bukan isu tapi memang ada. Bisa disebut kritik kami,” bebernya.

ponorogo
Kondisi jalan rusak di Ponorogo. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Lomba ini dibuka mulai 13- 27 Agustus 2022. Sementara pengamat politik, Ayub Dwi Anggoro mengatakan lomba foto jalan rusak memang sesuai kondisi di lapangan. 

“Apakah kritik mengingatkan pemerintah tentang kinerja belum baik tergantung interpretasi itu sendiri,” ujar Ayub. 

Ayub menambahkan jika persoalan anggaran memperbaiki jalan itu bukan urusan warga masyarakat. Sarannya, jika ada kendala harusnya komunikasi publik dari pemerintah harus jelas. Sehingga masyarakat mengerti, kenapa sampai saat ini tidak segera dieksekusi.

“Edukasi dan literasi itu seharusnya disampaikan ke warga. Bukan terkesan tertutup atau janji-janji yang belum tentu kepastian,” pungkasnya.

jalan rusak
Pamflet lomba fotografi jalan rusak di Ponorogo. (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Dari 1.500 km jalan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, hanya ada 678 km atau sekitar 45.21 persen yang kondisinya baik. Sedangkan sisanya, 54.79 persen atau sekitar 822 km dalam kondisi rusak parah.

Untuk  memperbaiki jalan bakal merealisasikan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022 senilai Rp155 miliar. Hal oini dibuktikan dengan lelang 51 paket pekerjaan perbaikan jalan, yang resmi dirilis oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) Ponorog di laman Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Pemkab Ponorogo.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Pramita Kusumaningrum
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US