Banyak Korban Gempa Cianjur Patah Tulang, Menko PMK Telepon Menkes Minta Dokter Ortopedi 

- Rabu, 23 November 2022 | 06:06 WIB
Menko PMK  Muhadjir Effendy saat meninjau korban gempa Cianjur. (Dok Kemenko PMK).
Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau korban gempa Cianjur. (Dok Kemenko PMK).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah akan mengerahkan bantuan dokter ahli ortopedi atau bedah tulang untuk membantu menangani korban luka-luka akibat gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Muhadjir berkata bahwa dirinya telah berkontak dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk mengirimkan bantuan dokter ahli ortopedi. Kemudian dia juga telah meminta bantuan dokter dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

"Tadi Pak Menkes sudah berjanji ada 6 orang dokter ortopedi yang sedang dalam perjalanan. Dan MDMC juga ada 1 orang dokter yang sudah sampai hari ini," ujar Muhadir sebagaimana dalam siaran persnya saat mengunjungi RSUD Sayang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Polisi Kesulitan Bongkar Misteri Tewasnya Satu Keluarga di Jakbar: Gara-gara Kopi

Muhadjir menuturkan bahwa kebutuhan tenaga kesehatan dokter bedah tulang sangat mendesak untuk keadaan gawat darurat seperti di Kabupaten Cianjur ini. Apalagi korban luka terus bertambah.

Selain itu dalam kunjungannya ke RSUD Sayang Cianjur, dia melihat langsung banyak korban luka-luka yang di rawat di tenda perawatan. Korban luka mulai dari orang dewasa, orang tua, hingga anak-anak. Kebanyakan mereka mengalami cedera patah tulang dan luka lebam karena tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa berkekuatan Magnitudo 5,6.

"Memang yang sangat dibutuhkan adalah dokter bedah ortopedi karena banyak korban luka yang mengalami patah tulang," ujarnya.

Baca Juga: Waspada! Potensi Tanah Longsor Terjadi di Jawa Barat, Puncaknya Desember

Sebelum mengunjungi RSUD, Menko PMK bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Cianjur Herman Suherman, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kepala BMKG Dwi Korita berkunjung ke posko pengungsian di Lapangan Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang.

Setelah dari posko, Menko PMK bersama rombongan menuju ruas jalur nasional Cianjur-Cipanas, Kecamatan Cugenang yang tertutup reruntuhan longsor akibat gempa. Dalam kesempatan itu rombongan akan mendampingi peninjauan yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X