Pemkab Tulungagung Fasilitasi Ratusan Pemudik Balik ke Daerah Asalnya

- Rabu, 26 April 2023 | 09:25 WIB
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. (Z Creators/Firmanto Imansyah)
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Ratusan warga Tulungagung berkumpul di Terminal Gayatri Tulungagung, pada Selasa (25/04/2023) pagi. Mereka datang untuk mengikuti program arus balik gratis pasca mudik lebaran dengan tujuan Terminal Purabaya Surabaya, yang digelar oleh Pemkab Tulungagung.

Program ini kembali digelar setelah sebelum sempat terhenti karena pandemi COVID-19 dan aturan larangan mudik yang diterapkan pemerintah.

Sebagian besar peserta merupakan karyawan swasta maupun wiraswasta yang selama ini bekerja di Surabaya dan sekitarnya. Para pekerja tersebut sudah mulai beraktivitas lagi seperti biasa, pada hari ini, Rabu (26/04/2023).

Tidak hanya gratis, sebab Pemkab Tulungagung juga memberikan bingkisan kepada 300 pemudik yang mengikuti program ini.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan, program ini diminati masyarakat, apalagi mereka yang kembali ke perantauan.

"Kita berikan program ini untuk memberikan kemudahan kepada warga Tulungagung yang hendak kembali ke perantauan usai mudik saat lebaran," jelasnya.

Baca Juga: Catat! Skema One Way Diperpanjang hingga 26 April 2023 Malam

Selain itu, dengan adanya program balik bareng ini diharapkan bisa membantu masyarakat karena bisa menghemat ongkos transportasi mereka selama balik pasca lebaran.

"Terutama untuk warga Tulungagung yang akan kembali ke perantauan, setelah libur saat lebaran kemarin, kita berikan fasilitas," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung, Bagus Kuncoro mengatakan, untuk mengakomodir para pemudik ini, pihaknya menyediakan lima unit bus.

-
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Kelima bus ini merupakan bus yang sudah biasa memiliki trayek Tulungagung - Surabaya, kondisi bus dipastikan sudah siap dan kondisi sopir juga dipastikan layak untuk mengemudikan bus.

"Ada lima unit bus yang diberangkatkan dari Terminal Gayatri Tulungagung secara bersama sama, hari ini," jelasnya.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, 42 Ribu Penumpang Kereta Tiba di Jakarta Hari Ini

Pihaknya berharap, program seperti ini juga bisa menyumbang peningkatan angka ketertiban berlalu lintas sehingga potensi kecelakaan lalu lintas bisa diminimalkan.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X