Survei CiGMark: Sosok Ridwan Kamil Miliki Magnet Besar dalam Kontestasi Pilpres 2024

- Rabu, 6 Juli 2022 | 18:48 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto/Antara)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto/Antara)

Posisi Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat dinilai mempunyai magnet yang cukup besar dalam kontestasi Pilpres 2024 jika diusung menjadi calon wakil presiden.

Hal ini diungkap berdasarkan hasil survei dari lembaga survei CiGMark yang melihat haril dari suara responden usai melakukan poling.

"Survei CiGMark bertajuk 'Peta Dukungan Calon Presiden 2024' dengan responden 1.200 orang responden (usia 15 tahun ke atas) di 34 provinsi pada periode 9-17 Juni 2022, terungkap bahwa Kamil menjadi pasangan Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo maka dipastikan unggul dari pasangan lain," kata CEO CiGMark, Setia Darma, dalam keterangan persnya seperti yang diungkap Antara, Rabu (6/7/2022).

Di dalam simulasi yang dilakukan CiGMark, duet antara Prabowo-Kamil sebagai calon presiden-wakil presiden mampu meraih elektabilitas sebesar 40,6 persen, sedangkan pasangan Ganjar-Anies Baswedan masih stagnan di 37,9 persen.

Sedangkan apabila simulasi pasangan Pranowo-Kamil, duet ini tercatat mampu meraih dukungan 42,7 persen.

Mengungguli pasangan Prabowo-Baswedan yang hanya sebesar 37 persen.

Di dalam survei yang sama ketika responden diberikan pertanyaan terbuka (top of mind) calon presiden, ada lima nama yang paling menonjol yaitu Ganjar Pranowo 14,1 persen, Prabowo Subianto 11,7 persen, Baswedan 9,5 persen, Joko Widodo 4,7 persen serta Kamil 4,0 persen. Sementara sebanyak 48,8 persen responden belum mempunyai pilihan.

Sedangkan untuk top of mind calon wakil presiden nama yang paling menonjol adalah Sandiaga Uno sebanyak 7,7 persen, Kamil 6,2 persen, serta Baswedan 4,9 persen.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Pendidikan Indonesia, Karim Suryadi, mengatakan, kapasitas RK sebagai gubernur jawa barat merupakan modal kompetensi yang tak terbantahkan, bahkan untuk jabatan presiden sekalipun.

"Jadi dengan atau tanpa survei, kontribusi seorang Ridwan Kamil bagi pasangannya di pilpres itu mudah dibaca. Selain kapasitas, Ridwan Kamil memiliki popularitas yang bagus, dan elektabilitas yang tinggi," kata Suryadi.

Ia menilai meski Kamil bukan gubernur yang paling dijagokan dalam setiap survei dalam hal popularitas, namun tidak boleh dilupakan bahwa Kamil adalah gubernur dengan resistensi yang rendah.

"Sehingga Ridwan Kamil adalah sosok yang paling potensial dijual dibanding gubernur lain," katanya.

Menurut dia, keberhasilan Jawa Barat mengatasi pandemi dan mendorong pemulihan ekonomi adalah prestasi tambahan Kamil yang bisa ditransformasi menjadi modal politik.

"Di dalam pandangan saya, jangankan untuk wakil presiden, bahkan untuk jabatan presiden pun Ridwan Kamil punya kapasitas. Namun sayangnya Ridwan Kamil tidak memiliki partai politik, dan lebih disayangkan lagi karena tiket untuk capres seperti sudah diborong oleh petinggi parpol," katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X