Sedih! Gajah Betina yang Mati Mengenaskan di Bengkalis Ternyata Sedang Hamil

- Kamis, 26 Mei 2022 | 20:09 WIB
Gajah betina mati di Sumatera (BBKSDA Riau)
Gajah betina mati di Sumatera (BBKSDA Riau)

Populasi Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) di Riau terus berkurang. Terbaru, warga digegerkan penemuan gajah betina mati di Bengkalis, Riau.

Ketika ditemukan tubuh gajah dewasa itu telah mengeluarkan bau busuk. Gajah ini ditemukan petugas di kilometer 48 Desa Koto Pait Beringin tepatnya di Dusun Pematang Gonting, Kecamatan Tualang Mandau, Bengkalis, atau di areal perusahaan yang berbatasan dengan kebun warga.

Dari foto-foto yang diterima Tim IDZ Creators, gajah mati dalam keadaan terbaring dan kaku. Ada darah yang keluar dari mulutnya.

-
Warga menemukan gajah mati di Bengkalis (BBKSDA Riau)

Kapolsek PinggirKompol Maitertika dalam keterangannya menyebut bangkai gajah pertama diketahui sekitar pukul 12.12 WIB oleh tim dari Rimba Satwa Foundation (RSF), Rabu (25/5/2022), yang mendapat info terkait kematian gajah ini dari pekerja di sekitar lokasi.

-
Gajah mati dalam kondisi mengenaskan (BBKSDA Riau)

 

Masih belum diketahui penyebab kematian gajah dewasa ini. Namun dokter dari BBKSDA Riau sudah turun tangan untuk menyelediki penyebab kematian gajah yang tengah hamil ini.

"Tim BBKSDA sudah menurunkan tim paramedis hewan guna melakukan nekropsi untuk mengindentifikasi penyebab gajah tersebut mati," sebut Kapolsek Pinggir, Kompol Maitertika.

Masyarakat juga diimbau untuk menjauhi lokasi kematian gajah. Sebab didiuga ada puluhan ekor gajah liar lain yang masih berada di sekitaran lokasi, bahkan sempat merusak beberapa pondok warga.

-
Tim medis mengeluarkan bayi gajah (BBKSDA Riau)

Sementara itu BBKSDA Riau dalam akun media sosial resminya menyampaikan bahwa gajah betina itu sedang hamil.

"Sangat menyedihkan, saat dilakukan nekropsi diketahui bahwa gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya," tulis @bbksda_riau.

Tim medis telah mengambil sampel dari organ dalam gajah termasuk kotorannya guna diuji di laboratorium. Sampel itu akan segera dikirim ke Balai Verteriner, Bukit Tinggi, Sumatera Barat (Sumbar) agar segera terungkap penyebab kematiannya.

Bangkai gajah betina sudah dikubur di lokasi, dibantu dengan alat berat pihak konsesi.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X