Dibayangi Krisis, DPR Dukung Langkah Presiden Jokowi untuk Stabilkan Ekonomi Indonesia

- Kamis, 17 November 2022 | 19:02 WIB
Presiden Jokowi di G20. (dok.tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi di G20. (dok.tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).

Anggota DPR RI Fraksi PKS Rofik Hananto mengakui di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) perekonomian Indonesia tetap kokoh meskipun menghadapi gejolak perekonomian global

Kondisi itu, kata dia, patut disyukuri, mengingat kini dunia dilanda gejolak perang hingga krisis pangan. Ia juga menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2022 sangat baik. Bahkan, ekonomi Indonesia diprediksi akan tetap membaik. 

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi kita ini diprediksi akan tetap baik,” kata Rofik Hananto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Blusukan ke Pasar Badung, Presiden Jokowi: Saya Ingin Lihat Harga Barang

Namun Anggota Komisi VII DPR RI itu menyebut ke depan pemerintah perlu untuk menjaga daya beli masyarakat karena penopang terbesar ekonomi Indonesia ada pada sektor konsumsi rumah tangga. Artinya, ada peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional hingga perlu ada perhatian khusus pada sektor ini.

“Cuma pemerintah harus ingat bahwa struktur ekonomi kita masih ditopang sebagian besar oleh sektor konsumsi rumah tangga dan juga masih besarnya sektor ekonomi informal. Ini artinya Pemerintah harus pastikan rumah tangga ini tetap melakukan konsumsi di tahun depan,” tegasnya.

“Konsumsi ini secara tidak langsung akan menyebabkan bertahannya dukungan sektor informal kepada struktur pertumbuhan ekonomi kita yang dikatakan Presiden kokoh tersebut,” tambahnya.

Baca Juga: KTT G20: Isi "Bali Leaders Declaration" Singgung Perang Rusia-Ukraina, Apa Bunyinya?

Menurut Rofik Hananto, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Pemerintah dalam menjaga tingkat konsumsi masyarakat, yakni dengan mempekerjakan kembali orang-orang yang menganggur akibat terdampak Covid kemarin.

“Lapangan kerja baru harus tersedia buat mereka. Lakukan berbagai training dan pelatihan skill agar mereka dapat terserap oleh sektor ekonomi,” jelasnya.

Selain itu ia juga menyarankan agar Pemerintah terus memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin, agar daya beli mereka tetap terjaga dan juga Pemerintah menjaga harga bahan pokok agar tidak mengalami kenaikan yang tinggi. 

“Selain itu perlu terus memberikan bantalan sosial agar mereka yang berada di lapisan bawah tetap bisa survive. Secara umum, harga-harga juga dipertahankan agar inflasi tetap terjaga tidak menggerus daya beli masyarakat,” ungkapnya.

Lebh jauh Rofiq meminta Pemerintah menjaga stabilitas harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kebutuhan rumah tangga, seperti tabung gas 3Kg dan listrik. 

“Terutama sekali, Pemerintah perlu menjaga stabilitas harga BBM, tabung gas 3 kg dan listrik baik untuk sektor rumah tangga,” tutupnya. 

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X