Mabes Polri Kirim Tim ke Filipina untuk Temui Polisi di Sana, Ada Apa?

- Minggu, 11 Desember 2022 | 12:30 WIB
Ilustrasi polisi. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Ilustrasi polisi. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Mabes Polri mengirimkan timnya yang diisi oleh pejabat menengah hingga pejabat tinggi Polri ke Filipina dini hari tadi, Minggu (11/12/2022). Rupanya pengiriman tim ini dalam rangka pembahasan kerjasama antara Polri dengan Philipine National Police (PNP).

"Sesuai dengan perintah Kapolri, kami membawa satu Pati, sembilan pamen dominan berpangkat Kombes, satu pama dan satu PNS dari beberapa satker di Mabes Polri, enam personel dari Divhubinter dan lainnya berasal dari Baintelkam, Bareskrim, Baharkam, SOPS dan SSDM Polri," kata pimpinan delegasi, Irjen Pol Muh Abdul Kadir dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (11/12/2022).

Baca Juga: KPK Sita Rp1,5 Miliar dalam Kasus Suap Lelang Jabatan Bupati Bangkalan

Tim itu berangkat dini hari tadi sekitar pukul 01.10 WIB melalui penerbangan Philipne Airlines dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Mereka tiba sekitar pukul 06.30 WIB waktu setempat di Ninoy Aquino International Airport.

Tim itu nantinya akan berada selama hampir satu pekan disana. Mereka akan membahas seputar kerjasama antara Polri dengan PNS dalam rangka Philindo Police Joint Comitte (PPJC). 

Baca Juga: Pj Gubernur Mengubah Besaran Honor Tenaga Ahli Non ASN, Berapa Jumlahnya?

"Kerjasama Philindo Police ini sudah berlangsung sejak tahun 2005 didasari oleh nota kesepahaman pada 18 November 2005 yang ketika itu ditandatangani Kapolri Jenderal Sutanto dan Kepala PNP," paparnya.

Tak hanya itu, akan ada pula pembahasan untuk menyempurnakan kerjasama yang sudah ada. Polri konsen bakal membahas seputar perbatasan wilayah.

"Terkini delegasi Polri yang juga dominan dari Divhubinter terbang ke Filipina untuk menyempurnakan nota kesepahaman bersama PNP. Kadiv Hubinter Polri konsen dengan kerjasama di perbatasan negara, ke depan kami terus membangun komunikasi dengan negara lain yang berbatasan dengan Indonesia," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X