Di Rekonstruksi Mahasiswa UI, Korlantas: Michael Schumacher pun Tak Bisa Hindari Tabrakan

- Kamis, 2 Februari 2023 | 20:21 WIB
Rekonstruksi kecelakaan mahasiswa UI (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Rekonstruksi kecelakaan mahasiswa UI (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Tim traffic accident analysis (TAA) Korlantas Polri menyebut, setiap orang tidak bisa menghindari kecelakaan lalu lintas dalam keadaan tertentu. Bahkan, pembalap sekelas Michael Schumacher, disebutnya, tidak bisa menghindari kecelakaan.

"Ibarat kata pembalap sekelas Michael Schumacher pun, kalau dalam keadaan tertentu, tidak dapat menghindari tabrakan," kata Kepala Tim TAA Korlantas Polri, Kombes Pol Dodi Darjanto, kepada wartawan, Kamis (2/2/2023).

Hal tersebut disampaikan Dodi usai timnya menggelar rekonstruksi kasus kecelakaan mahasiswa UI di kawasan Jalan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Kombes Dodi menyebut reaksi manusia mencapai 0,5 detik. Setiap sepersekian detik, manusia bertambah usia dan berpengaruh kepada pengelihatanya.

-
Rekonstruksi kecelakaan mahasiswa UI (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Baca Juga: Keluarga Mahasiswa UI Laporkan Pensiunan Polisi yang Tabrak Anaknya hingga Tewas!

"Karena waktu reaksi manusia itu antara 0,5 detik, itu Michael Schumacher manusia normal, 1 detik kemudian bertambahnya usia sampai 1,5 detik dan itu semua berpengaruh dari pandangan, jarak pandang, cuaca dan sebagainya," beber Dodi.

Sebelumnya, mahasiswa UI tewas usai terlibat kecelakaan dengan mobil yang dikendarai oleh pensiunan polisi di kawasan Jakarta Selatan. Kasus ini pun menjadi polemik usai polisi menetapkan korban sebagai tersangka.

Baca Juga: Mobil Penabrak Mahasiswa UI Beda Warna saat Rekonstruksi, Harusnya Hitam Kok Jadi Putih?

Polda Metro Jaya melakukan rekonstruksi ulang terkait kasus ini. Rekonstruksi berlangsung hari ini dengan melibatkan Korlantas Polri hingga pihak-pihak terkait.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X