Ditanya Sosok Cawapres, Anies Baswedan: Waktu Masih Panjang!

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:18 WIB
Anies Baswedan bahas kriteria calon cawapresnya (Instagram/aniesbaswedan)
Anies Baswedan bahas kriteria calon cawapresnya (Instagram/aniesbaswedan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, dirinya tak mau terburu-buru dalam menentukan calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya. Anies memang sudah diusung oleh NasDem sebagai calon presiden (capres) dan diberikan kebebasan untuk memilih cawapresnya.

Dia bilang, masih ada waktu sebelum pemilihan presiden (pilpres) 2024. Jadi, dia tidak mau gegabah menentukan calon pendampingnya.

“Pertama, waktunya masih panjang. Jadi, kita tidak terburu-buru menentukan. Kemudian yang kedua, proses pembentukan koalisi masih berjalan,” kata Anies di DPP NasDem, Jakarta Pusat, Senin 17 Oktober 2022.

Baca Juga: Dilantik Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru: Saya akan Bekerja, Bekerja dan Bekerja

Sekarang, NasDem memang menjalin komunikasi dengan Demokrat dan PKS demi membangun koalisi. Untuk penentuan pasangan, Anies menilai perlu dipandang dengan seksama.

“Jadi, saya rasa akan lebih bijak apabila proses penentuan pasangan itu dilakukan dengan seksama dan bukan dalam tempo sesingkat-singkatnya,” beber Anies.

Anies kemudian merincikan tiga kriteria cawapres pendampingnya. Pertama adalah memberikan kontribusi di dalam proses pemenangan pilpres.

Kedua, kata dia, sosok itu bisa memperkuat dan menjaga stabilitas partai koalisi. Yang terakhir adalah bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif.

Baca Juga: Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono Dapat Pelukan Erat dari Anies Baswedan

“Satu, memberikan kontribusi dalam proses pemenangan Dua, membantu memperkuat koalisi, stabilitas koalisi. Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif,” tutur Anies.

“Tiga pertimbangan itu yang menjadi faktor dan nama belum ada,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X