Sudah Legal, Pasangan Sesama Jenis di Irlandia Gelar Pesta Pernikahan

- Jumat, 14 Februari 2020 | 17:14 WIB
Pasangan sesama jenis asal Irlandia (REUTERS/PHIL NOBLE)
Pasangan sesama jenis asal Irlandia (REUTERS/PHIL NOBLE)

Pasangan sesama jenis bernama Sharni Edwards (27) dan Robyn Peoples (26) asal Irlandia Utara menggelar pesta pernikahan secara terang-terangan, usai negara tersebut melegalkan pernikahan sesama jenis.

Sharni dan Robyn resmi mengikat janji suci pada Selasa (11/2/2020) di Carrickfergus. Keduanya menjadi pasangan sesama jenis pertama yang menggelar pernikahan di Irlandia, dilansir dari Reuters.

Pemerintah Irlandia sendiri baru saja melegalkan pernikahan sesama jenis pada 11 Februari 2020.

Semua pasangan sesama jenis di Irlandia yang sudah pernah menikah (civil partnership), diperbolehkan mendaftar pernikahan mereka secara resmi.

Namun, hal ini tak berlaku untuk mereka yang belum menjalani civil partnership atau setara dengan pernikahan.

Civil partnership merupakan 'perantara' bagi pasangan sesama jenis termasuk homoseksual. Dalam hal ini, mereka sama sekali tidak melibatkan agama. Mereka juga tidak menggelar upacara pernikahan sakral.

Pemerintah Irlandia kini resmi melegalkan pernikahan sesama jenis setelah politisi Partai Buruh, Conor McGinn mendesak pemerintah membuat undang-undang soal pernikahan sesama jenis.

McGinn mengatakan, pernikahan merupakan hak semua warga negara. Hak ini juga berlaku untuk pasangan sesama jenis.

"Setiap orang yang menghargai kesetaraan, cinta dan rasa hormat dapat merayakan hari ini. Ini hari yang baik untuk Irlandia Utara, hari yang penting bagi hak warga di seluruh pulau ini dan hari yang menyenangkan bagi pasangan sejenis yang sekarang dapat mendaftar untuk menikah," ujar McGinn.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X