Protes Jalan Rusak, Seniman Ini Bikin Video 'Manusia Jalan di Bulan'

- Rabu, 4 September 2019 | 11:15 WIB
photo/Youtube/India Today Social
photo/Youtube/India Today Social

Beberapa waktu lalu, beredar video yang memperlihatkan seorang aktor teater India, Poornachandra Mysore mengenakan kostum astronaut dan tampak seperti berjalan di Bulan. Video viral itu dibuat oleh seorang seniman bernama Baadal Nanjundaswamy. 

Seniman Baadal Nanjundaswamy mengatakan penampakan Bulan dalam video itu adalah jalan rusak di kota Bengaluru. Dia memilih objek jalan itu sebagai bentuk protes lantaran jalan Bengaluru yang rusak parah tidak kunjung diperbaiki.

Video buatannya itu pun muncul saat Badan Antariksa India tengah bersiap membuat sejarah baru dengan mendaratkan pesawat antariksa Chandrayaan-2 di Bulan pada 7 September 2019.

Pada Sabtu (31/8) pukul 22.00 malam waktu setempat, aktor Mysore mengenakan setelan busana ruang angkasa berwarna perak yang dirancang oleh seorang perancang kostum lokal. Dia kemudian berjalan pelan di jalan rusak Bengaluru, seolah sedang berjalan di Bulan.

"Semua disyuting dengan kamera ponsel, tidak ada lampu tambahan yang digunakan. Jadi secara alami, saya tidak berharap untuk berubah seperti itu," kata Nanjundaswamy.

Nanjundaswamy mengatakan biaya pembuatan video itu sekitar Rs8.000 atau sekitar Rp 1.577.000. Video itu pun mendapat respon positif dari netizen. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Nanjundaswamy karena telah mewakili protes dari banyak orang dengan cara unik.

"Awalnya saya pikir ISRO (Indian Space Research Organisation) mengirim seorang pria ke bulan. Tidak, ini adalah Jalan Bengaluru kami. Terima kasih untuk BBMP (Bruhat Bengaluru Mahanagara Palike) dan kontraktor," tulis seorang netizen.

Sebelumnya, Nanjundaswamy juga pernah membuat video buaya tiruan sepanjang 12 kaki di lubang jalan kota Bengaluru pada 2015 sebagai bentuk protes kepada para pejabat. Tahun 2017, dia juga membuat video kawah pinggir jalan menjadi dunia fantasi dengan putri duyung.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X