Arus Mudik dan Balik Lewat Laut Juga Alami Macet Panjang

- Senin, 10 Juni 2019 | 10:41 WIB
Antara/Ardiansyah
Antara/Ardiansyah

Tidak hanya di daratan saja, mudik jalur laut juga mengalami kemacetan panjang, bahkan kemacetan terjadi hingga keluar pelabuhan. Menurut Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Condro Kirono, jumlah pemudik setiap tahunnya terus meningkat.

Sementara, jumlah dermaganya hanya ada tujuh. "Kapalnya banyak pun, kalau tujuh (Dermaga) itu sudah penuh, ya pasti tidak bisa menampung dengan jumlah pemudik yang sangat tinggi," ungkap Condro.

Condro juga menekankan kembali bahwa mudik lewat jalur laut beda dengan jalur darat atau udara. Kalau mudik dengan pesawat, hanya manusia dan barang bawaannya saja yang ikut mudik.

Tapi, kalau lewat jalur laut, pemudik yang bawa kendaraan harus beli tiket dan antre di dermaga. Kemudian, para pemudik secara bergantian masuk ke dalam kapal.

Condro pun berharap agar penyedia jasa menyediakan fasilitas yang memadai untuk para pemudik lewat jalur laut. "Otomatis ada antrean menunggu. Sehingga saya berpesan yang menunggu itu supaya tidak jutek, supaya tidak panas, (PT ASDP) kasih tempat yang bagus," ujar Condro.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X