Ketua DPR Minta Pemerintah Kawal Distribusi APD

- Selasa, 7 April 2020 | 13:49 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani (ANTARA FOTO/Reno Esnir).
Ketua DPR, Puan Maharani (ANTARA FOTO/Reno Esnir).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, meminta pemerintah memastikan distribusi alat pelindung diri (APD) diterima langsung oleh rumah sakit yang benar-benar membutuhkan.

Puan menilai, pemerintah tidak boleh berasumsi bahwa ketika APD sudah dikirimkan dari pusat ke daerah, otomatis bakal diterima oleh rumah sakit tujuan.

"Perlu ada mekanisme memastikan APD sudah diterima langsung berbagai rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19," kata Puan ketika dikonfirmasi Indozone, Selasa (7/4/2020).

Puan mengatakan semangat cepat dan tepat sasaran bukan hanya diperlakukan untuk pemberian bantuan sosial. Namun, hal yang sama perlu diterapkan dalam penyaluran APD ke berbagai rumah sakit di daerah yang terdampak virus corona.

"Pemerintah perlu memiliki database yang diperbaharui secara real-time terkait rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang tenaga kesehatannya memerlukan APD. Di mana saja, berapa banyak, dan bagaimana penyebarannya yang tepat," tegasnya.

Politisi PDIP ini juga mengatakan pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, perlu menguatkan koordinasi dan sinergi dengan pemerintah daerah, provinsi, dan kabupaten/kota. Tujuannya memastikan APD yang sampai langsung didistribusikan dan benar-benar tiba di tujuan dalam waktu cepat.

"Saya yakin ini dapat dilakukan dengan penggunaan data akurat, penyederhanaan proses pengiriman, dan mekanisme pengawasan dari hulu ke hilir," katanya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X