Meski Keberangkatannya Ditunda 2 Kali, Jamaah Calon Haji Diminta Tetap Jaga Niat

- Jumat, 4 Juni 2021 | 16:34 WIB
Situasi Mekah di tengah pandemi. (Saudi Press Agency)
Situasi Mekah di tengah pandemi. (Saudi Press Agency)

Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman meminta jamaah calon haji yang dua kali ditunda keberangkatannya, yakni pada musim haji 2020 dan 2021, agar tetap bersabar dan menjaga niat untuk beribadah ke Rumah Allah.

"Dengan menjaga niat, kita tetap mendapatkan pahala ibadah dan mari kita ambil hikmah dari kebijakan yang ditetapkan pemerintah," kata  TGH Mujiburrahman kepada sejumlah wartawan di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (4/6/2021).

Pernyataan itu disampaikan menyikapi kebijakan pemerintah yang memutuskan tidak memberangkatkan jamaah calon haji Indonesia 1442 H/2021 M.

Dengan pertimbangan, di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19) yang malanda dunia, kesehatan dan keselamatan jiwa jamaah lebih utama dan harus dikedepankan.

Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, jumlah jamaah yang dua kali ditunda keberangkatannya sebanyak 731 orang.

Sementara itu, jumlah jamaah yang berada pada daftar tunggu sekitar 18.000 orang.

Terkait dengan itu, selain meminta jamaah calon haji yang ditunda keberangkatannya agar bersabar dan tetap menjaga niat, Mujiburrahman juga berharap hal serupa terhadap jamaah yang berada pada daftar tunggu.

"Dalam konsep Islam, berbuat baik dengan semata-mata niat sudah mendapatkan ganjaran pahala. Apalagi, jamaah ini tinggal melakukan implementasinya saja yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah dan tidak bisa kita jalankan sendiri," katanya.

Dalam hal ini, lanjut wakil wali kota, tidak ada kesalahan dari pihak jamaah, hal ini terjadi hanya semata-mata kondisi pandemi COVID-19 yang belum memungkinkan sehingga menyebabkan pemerintah mengambil keputusan terbaik bagi jamaah.

"Jangankan jamaah, kita dari pemerintah daerah juga tidak bisa bertindak terhadap keputusan pemerintah pusat itu," katanya.

Oleh karena itu, wakil wali kota berharap pihak terkait, dalam hal ini kantor kementerian agama (kemenag) segera menyosialisasikan keputusan pemerintah tersebut, sekaligus memberikan edukasi terhadap pertimbangan pemerintah tidak memberangkatan haji tahun ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X