DPR Minta Kemenag Segera Kirim Jemaah Umrah yang Siap Berangkat

- Selasa, 30 November 2021 | 14:23 WIB
Kakbah (REUTERS/SAUDI PRESS AGENCY)
Kakbah (REUTERS/SAUDI PRESS AGENCY)

Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto meninginkan agar Kementerian Agama (Kemenag) dapat memprioritaskan calon jemaah umrah yang benar-benar siap untuk berangkat.

“Mohon kiranya untuk benar-benar dipastikan bahwa jamaah umroh yang akan berangkat merupakan orang-orang yang siap, karena bukan hanya sekedar mereka calon jemaah umrah, tetapi mereka sebagai duta bangsa karena dipundak mereka ada kehormatan bangsa Indonesia,” kata Yandri dalam rapat kerja bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (30/11/2011).

Yandri menekankan bahwa mereka calon jemaah harus diberikan kepercayaan lebih, karena mereka akan memikul beban terkait aturan yang diberikan pemerintah Arab Saudi.

“Ada kepercayaan yang harus dipegang oleh mereka yang berangkat ke tanah suci,” ucapnya.

Maka dari itu, kata Yandri, jika mereka melakukan kesalahan bukan tidak mungkin Arab Saudi tak menutup kemungkinan kembali menutup pintu jemaah asal Indonesia.

“Oleh ksrena itu kami berharap, pengetatan atau disiplin para calon jemaah umroh menjadi tolak ukur kita untuk memberangkatkan mereka ke tanah suci,” tegas dia.

“Karena sekali lagi, bukan hanya sekedar calon jemaah umroh biasa tapi mereka duta-duta bangsa kita yg akan memikul di tanah saudi,” imbuh Yandri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X