Menaker Ida Sarankan Pekerja Swasta untuk WFH

- Senin, 9 Mei 2022 | 09:58 WIB
Menaker Ida Fauziyah. (Dok. Kemenaker)
Menaker Ida Fauziyah. (Dok. Kemenaker)

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyarankan agar pekerja swasta yang melakukan mudik Lebaran untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). 

Hal itu dilakukan demi menghindari para pemudik yang kembali ke Jakarta pada periode puncak arus balik.

"Sebagaimana imbauan Bapak Presiden Jokowi, bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idul Fitri tahun ini untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," kata Dia dalam siara persnya via Instagram Kemnaker yang dikutip, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Terlalu Laris! Sehari Warung Sate Ini Habiskan Lima Ekor Kambing, Apa Rahasianya?

Dia juga menyarankan agar pengusaha berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pekerja yang mudik Lebaran, sehingga dapat menghindari puncak arus balik.

"Tentunya, pelaksanaannya harus berdasarkan kesepakatan bersama dengan memperhatikan aturan yang berlaku di masing-masing tempat kerja," katanya.

Melalui Dialog

Menurut Menaker, upaya ini dapat diwujudkan melalui dialog, komunikasi, dan koordinasi yang intensif antara pengusaha dan pekerja. Adapun, salah satu substansi yang dapat didialogkan adalah melakukan pekerjaan secara remote atau sistem bekerja dari rumah.

"Sistem ini tentunya sudah cukup familiar bagi kita di mana pengaturan ini pernah bersama-sama kita lakukan selama pandemi Covid-19. Sistem ini bisa diterapkan sementara waktu guna menghindari kepadatan puncak arus balik," jelasnya.

"Namun begitu, sekali lagi, pelaksanaannya tentu berdasarkan atas kesepakatan bersama dan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X