The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Kapolda Ingin Belajar Ke Satpam, Ini Penjelasan Polda Metro
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj)
News

Soal Kapolda Ingin Belajar Ke Satpam, Ini Penjelasan Polda Metro

Harus dicontoh.

Senin, 20 Desember 2021 08:51 WIB 20 Desember 2021, 08:51 WIB

INDOZONE.ID - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran sempat menemui satpam bank dan meminta diajari cara memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengatakan, tindakan Kapolda dilakukan agar polisi belajar memberikan pelayanan yang ramah pada masyarakat.

Zulpan menyebut, saat itu Kapolda Metro sedang melakukan pengecekan di sebuah gerai Samsat dan menemui satpam yang bertugas di lokasi tersebut.

"Artinya kapolda itu ngecek di pelayanan Samsat, gitu ya. Nah habis itu satpamnya dilihat disiplin, kemudian dia disitu dalam pelaksanaan tugas itu sesuai SOP, dia melayani dengan ramah," kata Zulpan kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Zulpan menyebut, ada beberapa hal yang harus ditiru polisi dari satpam, terutama bagi polisi-polisi yang ditugaskan langsung bertemu dengan masyarakat.

Baca juga: Datangi Satpam Bank, Kapolda Metro Minta Diajari Berikan Pelayanan Baik

"Nah itu hal yang harus dicontoh, khususnya bagi para petugas-petugas di lapangan yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik, bidang Samsat, lalu lintas. Ada masyarakat mau bayar pajak, itu harus menampilkan sosok yang humanis, gitu ya. Nah jadi harus menerapkan senyum, sapa, salam begitu," kata Zulpan menerangkan.

Lebih jauh Zulpan menyebut, pelajaran yang diambil dari sikap Kapolda Metro adalah agar polisi yang memberikan pelayanan terbaik seperti satpam, atau bahkan lebih baik dari satpam.

"Ya artinya gitu, satpam aja bisa gitu kan. Artinya petugas yang benar-benar sebagai petugas polisi harus lebih baik," kata Zulpan.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan pengecekan atau sidak di Gedung SPKT Polda Metro Jaya. Di sana dia menemui satpam yang sedang bertugas.

Dia sempat berinteraksi dengan satpam dan bertanya cara melayani masyarakat dengan baik. Bahkan, dia juga minta diajari oleh satpam tersebut.

"Saya mau belajar gimana caranya bisa melayani dengan baik. Bisa rapih gini rambutnya, ini (ikat pinggang) mengkilat. Belajar sama satpam tidak apa-apa," kata Irjen Fadil dalam video yang diposting dalam akun Instagramnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Fitri
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US