Komisi I Akan Fit and Proper Test Andika Perkasa sebagai Calon Panglima TNI Besok

- Kamis, 4 November 2021 | 13:56 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (ANTARA/HO-DPR RI/am)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (ANTARA/HO-DPR RI/am)

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI akan dilakukan pada besok hari, Jumat 5 November 2021.

“Direncanakan besok adalah fit and proper test yang dilaksanakan oleh Komisi I,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Dasco menjelaskan pasca rapat Bamus yang dilakukan kemarin, maka rangkaian fit and proper test akan dimulai hari ini, dengan didahului rapat internal oleh Komisi I DPR RI.

Baca Juga: DPR Yakin Penujukkan Jendral Andika Perkasa Tak Ganggu Soliditas TNI

“Setelah bamus kemarin, rangkaian fit and proper test dimulai hari ini, hari ini adalah rapat internal (Komisi I),” tutur dia.

Politisi Partai Gerindra ini menekankan apabila berdasarkan pengalaman yang sudah ada, fit and proper test dilakukan tidak lebih dari satu hari. Apalagi, Andika hanya calon tunggal saja.

“Kalau menurut pengalaman-pengalaman yang ada, fit and proper test tidak lebih dari 1 hari, karena calon tunggal, kalau lebih dari 1 bisa lebih dari 1 hari,” tegas Dasco.

Komisi I DPR RI berencana akan mengadakan rapat internal siang ini perihal jadwal dari fit and proper tes terhadap calon Panglima TNI ini.

"Komisi I akan mengadakan rapat internal siang Pukul 14.00 WIB. Rapat internal yang diikuti seluruh anggota Komisi I akan memutuskan kapan fit and proper diadakan," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X