Busana Adat Badui Dikenakan Presiden Jokowi Saat Sidang Tahunan MPR, Segini Harganya

- Senin, 16 Agustus 2021 | 22:16 WIB
Kiri:Pakaian Kampret khas masyarakat Badui yang digunakan Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan Bersama MPR. (photo/ANTARA/HO). Kanan: (photo/Instagram/@jokowi)
Kiri:Pakaian Kampret khas masyarakat Badui yang digunakan Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan Bersama MPR. (photo/ANTARA/HO). Kanan: (photo/Instagram/@jokowi)

Busana adat masyarakat Badui yang juga bernama 'Baju Kampret' yang dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pidato Sidang Tahunan Bersama MPR di Jakarta, Senin, harganya senilai Rp240 ribu.

"Busana yang dikenakan Bapak Presiden itu dijual normal oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat Badui, " kata Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Jaro Saija di Lebak, Senin (16/8) dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan pelaku UMKM Badui di pedalaman Kabupaten Lebak tentu merasa bangga, karena hasil kerajinannya  dikenakan oleh orang nomor satu di Indonesia.

Menurut dia, busana adat Badui kini menjadi perhatian masyarakat luas, setelah dikenakan Presiden Jokowi pada Sidang Kenegaraan.

Presiden Jokowi sangat memperhatikan  keanekaragaman yang dimiliki Bangsa Indonesia dengan banyak khasanah budaya masyarakat.

Baca juga: Wagub Riza Larang Warga DKI Jakarta Gelar Lomba 17-an, Sanksi Menanti Jika Melanggar

Karena itu, UMKM masyarakat Badui diyakini akan bangkit setelah Presiden Jokowi mengenakan busana Badui.

Kata dia, pelaku UMKM masyarakat Badui terpuruk akibat pandemi COVID-19. "Kami yakin penggunaan busana oleh Presiden dapat meningkatkan omzet pelaku UMKM," katanya.

Menurut dia, pelaku UMKM Badui itu menjual busana adat tersebut kepada Presiden dengan harga normal untuk pakaian dan celana dijual Rp240 ribu, tas koja Rp40 ribu, dan lomar atau ksini pengikat kepala Rp25 ribu.

Produk kerajinan masyarakat Badui relatif murah dan terjangkau masyarakat , sebab, kata dia, orang yang membeli kerajinan Badui juga terdapat warga lokal.

Sementara itu, Amir, seorang pelaku UMKM Badui mengatakan  busana yang dipakai Presiden Jokowi itu namanya pakaian kampret yang digunakan sehari-hari masyarakat Badui.

Pakaian itu, kata dia, selain elegan juga memiliki filosofi kesederhanaan serta cinta alam.

"Kami berharap di tengah pandemi itu pelaku UMKM Badui mengalami kemajuan, " katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X