Begini Skema Polri Antisipasi Penumpukan Pemudik Lebaran via Jalur Laut

- Sabtu, 16 April 2022 | 14:20 WIB
Penumpang turun dari kapal penyeberangan Ulee Lheu - Balohan di Pelabuhan Balohan, Sabang, Aceh. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Penumpang turun dari kapal penyeberangan Ulee Lheu - Balohan di Pelabuhan Balohan, Sabang, Aceh. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Selain melewati rute darat untuk mudik lebaran, masyarakat juga kerap menggunakan mode transportasi jalur laut. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sendiri sudah menyiapkan skema antisipasi kemacetan di pintu-pintu masuk pelabuhan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi. Eddy menyebut pihaknya juga sudah meninjau langsung pelabuhan-pelabuhan yang ada.

"Korlantas sudah melakukan peninjauan dan sudah mendapatkan pemaparan dari stakeholder terkait tentang kesiapan yang ada di pelabuhan," kata Kombes Eddy saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/4/2022).

Eddy menyebut pihaknya sudah mempersiapkan skenario mudik melalui jalur laur. Polri disebutnya akan mengutamakan bongkar muat kapal terlebih dahulu sebelum penumpang masuk ke dalam kapal.

Baca Juga: Wagub Ungkap Syarat bagi Warga yang Ingin Ikut Mudik Gratis Pemprov DKI

"Semuanya sudah dipersiapkan bagaimana kita harus mengutamakan bongkar kapal terlebih dahulu untuk keluar sehingga kendaraan yang mau masuk juga diharapkan tidak menunggu didekat lokasi kendaraan keluar kapal," beber Eddy.

Eks Dirlantas Polda Jabar itu menyebut hal ini dilakukan dengan tujuan tidak terjadi kepadatan atau penumpukan kendaraan maupun penumpang kapal. Kendaraan bakal diarahkan lebih dulu menunggu di kantong-kantong parkir yang sudah disiapkan.

"Tempat atau kantong-kantong parkir kendaraan yang akan mengantre masuk ke pelabuhan juga sudah dipersiapkan termasuk rute keluar dan masuk pelabuhan sudah dipersiapkan," pungkas Eddy.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X