Bela Ukraina, AS Diminta Pertimbangkan Bumi Hanguskan Rusia dengan Bom Nuklir

- Kamis, 9 Desember 2021 | 11:04 WIB
Pasukan Ukraina merayakan hari militer di Kiev. (REUTERS/Gleb Garanich)
Pasukan Ukraina merayakan hari militer di Kiev. (REUTERS/Gleb Garanich)

Senator Amerika Serikat (AS) Roger Wicker, menilai militer negaranya perlu turun tangan melakukan aksi militer untuk membela Ukraina yang berada di ambang peperangan melawan Rusia. Baginya, AS dapat menggunakan seluruh kekuatan, termasuk bom nuklir untuk membumi hanguskan Rusia.

"Kita bisa melakukannya dengan kapal perang di Laut Hitam, kita juga tak boleh mengesampingkan penggunaan nuklir untuk menghancurkan militer Rusia," kata Wicker dikutip dari Mississippi FP, Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan, pemerintah AS tak boleh mengesampingkan kemungkinan tersebut untuk melindungi Ukraina dari Rusia. Meski pun langkah-langkah lain bisa dilakukan untuk merespons ketegangan di perbatasan Ukraina, opsi bombardir Negeri Beruang Merah dengan bom nuklir harus tetap ada.

"Harus ada beragam opsi untuk mengahadapi situasi ini, dan setiap opsi terbuka untuk digunakan," katanya. 

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan pihaknya tidak akan mengirim pasukan ke Ukraina untuk mencegah invasi Rusia. Menurutnya, AS memiliki kewajiban moral untuk membela sekutu NATO dalam menghadapi serangan dari negara lain. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Ukraina. 

"Kami tak punya opsi untuk itu," kata Biden.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X